Belitung

Akibat Mesin Rusak Kapal Pembawa Tabung Gas Tenggelam Di Perairan Tanjung Pandan

Foto : Detik-detik KM Sentosa saat hendak tenggelam di perairan Tanjung Pandan Kab Belitung. (Istimewa)

TANJUNGPANDAN,SpotBerita – KM Sentosa yang membawa ribuan tabung gas 3 kg dikabarkan tenggelam di sekitar perairan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung.

Peristiwa tersebut terjadi, Selasa (17/12/2019) sekitar pukul 03.00 WIB atau tepatnya sekitar 5 KM dari bibir pantai Tanjung Pandan.

Saat kejadian kapal yang berisi 4 orang ABK (anak buah kapal) tersebut awalnya hendak berlayar menuju ke pelabuhan Balam, Pangkalpinang dengan membawa muatan tabung gas kosong sebanyak 3.564.

Untunglah dalam kejadian itu seluruh ABK  berhasil diselamatkan oleh petugas Polairud Polres Belitung & nelayan yang sedang melintas didekat kapal tenggelam tersebut.

Hingga selasa siang, baru sekitar 2.122 tabung gas kosong yang ditemukan oleh kapal-kapal nelayan yang ikut membantu menyelamatkan.

Sementara informasi yang berhasil dihimpun reporter SpotBerita.com menyebutkan jika kapal tersebut diduga mengalami kerusakan mesin saat melintasi kawasan batu karang Bui Hijau (lampu tanda alur kapal) tak jauh dari pulau Kalimuah.

Saat itu Kapten kapal tersebut sempat menurunkan jangkar (berlabuh) untuk melakukan perbaikan mesin. Selanjutnya,  setelah mesin kapal normal dan melanjutkan pelayaran.

Namun tanpa disangka tiba-tiba kapal tersebut diterjang ombak yang cukup besar sehingga anjungan (depan kapal) badan kapal menabrak karang.

Akibatnya dengan kondisi itu menyebabkan kapal bocor dan tak lama kemudian kapal tersebut pun perlahan tenggelam.

“Kapal yang terbuat dari kayu ini anjungan & badan kapal kena batu karang. Beruntung mereka (ABK)  segera memberitahu/kontak kepada petugas Pelabuhan untuk meminta pertolongan”; ujar seorang petugas Polair Belitung, AKP Ginting.

Atas kejadian itu, Polairud Polres Belitung dan sejumlah Instansi lainnya pun segera menuju ke titik koordinat tenggelamnya kapal tersebut, tak lama setelah mendapatkan informasi sejumlah kapal penyelamat & patroli pukul 04.00 wib dan berhasil menyelamatkan 4 orang ABK di kapal yang naas itu.

“Satu orang Kapten (Nakhoda) serta 3 orang anak buah kapal tersebut berhasil diselamatkan petugas gabungan hingga saat ini masih melakukan penyisiran disekitar pantai untuk mengamankan dan mengumpulkan dari kapal KM Sentosa yang berserakan dilautan.

“Kami mengharapkan agar masyarakat yang menemukan tabung gas dilaut atau ditepi pantai agar membantu menyerahkan kepetugas" imbau AKP. Ginting. (Boci)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close