Bangka

Aktifitas Tambang Timah Hajar Kawasan Aliran Sungai Jelitik

* Kapolres Bangka Belum Berikan Keterangan Resmi

Foto : Aktifitas tambang pasir timah di perairan depan kantor PPN Sungailiat. (Ian)

BANGKA,SpotBerita -. Kawasan Industri Jelitik (KIJ), Kota Sungailiat, Kabupaten Bangka kini terdapat aktifitas penambangan pasir timah di darat, namun kini di sekitar KIJ justru terdapat pula aktifitas penambangan pasir timah di sekitar perairan setempat.

Pantauan tim reporter media ini di lapangan, Sabtu (11/9/2020) siang sekitar pukul 11.00 WIB di lapangan, tampak aktifitas penambangan pasir timah di perairan tepatnya di seberang kantor Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sungailiat, Jelitik.

Foto : Dibalik tembok dinding ini aktifitas tambang pasir timah menggunakan TI Tower dan TI Rajuk di perairan depan kantor PPN Sungailiat. (Ian)

Aktifitas tersebut dekat dengan fasilitas umum (fasum) yakni ruas jalan pelabuhan perikanan Sungailiat, Bangka. Bahkan raungan suara mesin yang berasal dari aktifitas tersebut sangat jelas terdengar termasuk para pengguna jalan yang kebetulan melintasi ruas jalan setempat.

Tim reporter media ini pun seketika itu sempat mendokumentasikan aktifitas penambangan pasir timah di perairan setempat, tampak sedikitnya terdapat 8 unit ponton jenis TI Rajuk dan TI Tower.

Di sekitar lokasi area aktifitas penambangan itu tampak para pekerja sedang sibuk di tiap-tiap ponton.ktifitas tambang itu pun berdekatan dengan kawasan pepohonan bakau yang terdapat di perairan setempat.

Belum diketahui siapa saja oknum pelaku usaha yang melakukan aktifitas penambangan di perairan setempat, namun informasi yang berhasil dihimpun di lapangan menyebutkan jika para pemilik usaha tambang di lokasi setempat yakni asal Kota Sungailiat, Bangka.

Foto : Lokasi titik keberadaan aktifitas tambang di perairan Jelitik, depan kantor PPN Sungailiat, Bangka. (Ian)

Namun informasi lainnya menyebutkan pula jika sebelumnya aktifitas tambang di lokasi perairan setempat justeru telah berlangsung cukup lama atau lebih dari dua tahun, bahkan sampai saat ini aktifitas tambang di lokasi ini pun masih saja berlangsung.

Sebelumnya pun pihak aparat kepolisian asal Polres Bangka sempat menertibkan aktifitas tambang di lokasi itu, hingga penertiban saat itu pun sempat dilakukan pembakaran terhadap sejumlah ponton TI di lokasi setempat.

Ironisnya, lokasi aktifitas penambangan tersebut justeru relatif dekat dengan Pos Polair Ditpolair Polda Kep Bangka Belitung yakni diperkirakan sekitar 700 meter.

Sayangnya Kapolres Bangka, AKBP Widi Hariawan SIK saat dikonfirmasi, Jumat (11/9/2020) siang terkait aktifitas penambangan pasir timah di perairan Jelitik Sungailiat atau depan kantor PPN Sungailiat justeru perwira ini belumlah memberikan jawaban.

Sementara itu Kasat Polair Polres Bangka, Iptu Asmadi saat dikonfirmasi jika pihaknya saat ini baru mengetahui adanya aktifitas tambang pasir timah di perairan Jelitik depan kantor PPN Sungailiat, Bangka.

“Trimakasih infonya bro,nanti kita cek,” jawab Kasat Polair dalam pesan singkat (WA), Sabtu (12/9/2020) siang.(tim)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close