Anjangsana ke Kantor SAR, Ini Bentuk Membina Keakraban

PANGKALPINANG -Spotber, Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Safrizal ZA melakukan kunjungan ke Kantor SAR (Search and Rescue) Pangkalpinang dan diterima langsung oleh Kepala Basarnas Pangkalpinang I Made Oka Astawa, Jum’at (24/11/23).

Dikatakan oleh Pj Gubernur Safrizal, anjangsana siang ini dilakukan dalam rangka membina keakraban dan koordinasi dengan instansi vertikal. Karena salah satu peran fungsi di daerah yang harus dikoordinasikan adalah penyelamatan, seperti Basarnas, BPBD, Satpol PP, dan Pemadam Kebakaran.

“Anjangsana ini dilakukan untuk mengakrabkan antara instansi vertikal dengan pemerintah daerah (pemda),” ujarnya.

Orang nomor satu di Kep. Babel tersebut juga menyampaikan harapannya, mudah-mudahan dengan keakraban, koordinasi, saling memahami, saling berkinerja, maka kinerja penyelamatan di Kep. Babel jadi lebih baik.

Dalam diskusi singkatnya bersama Kepala Basarnas Pangkalpinang I Made Oka Astawa, dirinya menanyakan banyak hal. Baik itu terkait kebakaran hutan, insiden apa saja yang sering terjadi sehingga melibatkan Tim Sar Pangkalpinang, maupun hal-hal yang kemungkinan dapat dibantu oleh pemda untuk meningkatkan kinerja penyelamatan agar lebih baik lagi.

I Made Oka membeberkan bahwa di Kep. Babel, insiden yang sering terjadi ialah insiden kecelakaan kapal nelayan dengan kapal besar. Hal ini dikarenakan memang laut bangka merupakan Jalur Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI).

“Untuk insiden yang sering terjadi itu insiden kecelakaan kapal nelayan pak. Terus yang kedua, insiden tenggelam. Setelahnya, ada juga insiden diterkam buaya, karena memang di Kep. Babel ini banyak kolong (danau bekas tambang timah) yang terhubung dengan laut ataupun sungai,” kata I Made Oka.

Mendengar hal tersebut, Pj Gubernur Safrizal ZA, meminta untuk memperkuat koordinasi antar instansi, serta membuat keputusan terbaik untuk masyarakat, Spotberita.com-Sumber Diskominfo Prov Kep Babel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *