Belitung Timur

Babinsa Koramil Manggar Ternyata Ahli Budi Daya Ikan Tawar

Foto : Babinsa Koramil Manggar, Serma Aprianto. (dok. Koramil 0414-02/Manggar)

BELITUNGTIMUR,SpotBerita – Tak saja memiliki kemampuan fisik atau pun strategi dalam tempur, namun Babinsa Koramil 414-02/Manggar ini, Serma Aripianto justru memiliki kemampuan pengetahuan dalam bidang budi daya ikan air tawar.

Seperti halnya baru-baru ini, Serma Aprianto, Minggu (10/3/2019) sempat melaksanakan pembinaan dan memberikan motivasi kepada masyarakat di desa binaannya (Bantaian), Kabupaten Belitung Timur (Beltim) perihal budi daya ikan tawar yaitu ikan lele dan ikan patin.

Hasil panen ikan lele dan patin ini untuk memenuhi tingginya permintaan rumah makan yang ada di Kota Manggar, Beltim.

Babinsa Desa Bantaian ini (Serma Ariapianto) seantiasa mengajak masyarakat dari penambangan beralih menjadi pelaku usaha budidaya ikan air Tawar.


Foto : Babinsa Koramil Manggar, Serma Aprianto saat berkunjung ke tambak budi daya ikan tawar milik warga desa setempat. (dok. Koramil 0413-02 Manggar)

Seijin Danramil 02 Manggar, Mayor Inf Joko Lelono, Serma Aprianto mengatakan jika peluang usaha budidaya ikan air tawar terbilang menjanjikan.

“Sebab stok ikan lele dan ikan patin yang ada di pasaran wilayah Kota Manggar,Gantung, dari waktu ke waktu kian minim dan dipasok dari daerah lain,” ujar Babinsa ini.

Selain itu menurutnya jika dilihat dari potensi wilayah di Desa Bantaian ini terdapat aliran sungai kecil yang sangat cocok untuk dimanfaatkan untuk budi daya ikan tawar Lele dan patin, ikan baung dan ikan tawar lainnya.

“Maka peran Babinsa ditengah-tengah masyarakat mengajak untuk memanfaatkan peluang yang ada untuk membudidayakan ikan seperti yang sudah di buat oleh Bapak Azhari yang sekarang ini sudah memiliki 50 Kerambah,” terangnya.

Sang Babinsa Serma Aripianto bersama aparat Desa pak Kades Sahani dan Kadus, Noni datang mendatangi langsung ketempat budidaya ikan air tawarnya milik Azhari.

Aratur desa ini sempat meninjau langsung dan melihat kendala yang ada dari sini didapatkan bahwa budidaya air tawar untuk memenuhi konsumsi rumah makan Padang dan rumah makan kaki lima Lamongan.

“Di wilayah Belitung Timur (Beltim — red) ini masih sangat kekurangan dan ini sebenarnya menjadi peluang ekonomi guna meningkatkan penghasilan masyarakat,” ujar Kades ini.

Dengan adanya Kerambah milik Azhari ini ditegaskanya bisa dimanfaatkan untuk Budidaya bibit ikan terutama kekurangan bibit ikan lele dan patin.

“Dengan demikian bibit hasil dari pak Azhari ini bisa mengatasi kelangkaan dan kesulitan mendapatkan bibit ikan air tawar selama ini di Kota Manggar,” ujarnya.

Melihat potensi itu, Serma Aripianto memberikan wawasan kepada masyarakat Desa Bantaian Kec. Manggar bahwa menggeluti budidaya ikan air tawar dapat mendongkrak perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kades ,Kadus dan Babinsa memantau perkembangan usaha perikanan. Sekaligus terus memotivasi warga agar berpartisipasi memenuhi kebutuhan pasar, bahkan turut menciptakan swasembada ikan di wilayah Belitung Timur. (*/Rey)
Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close