Pangkalpinang, spotberita.com – Barisan Relawan Cinta Tanah Air (BARETTA) dalam upaya nya untuk mereduksi paham Radikalisme di tengah-tengah masyarakat maka menggelar kegiatan Focus Group Disscusion (FGD) dengan mengangkat tema Optimalisasi Sikap Moderasi Beragama Guna Menangkal Paham Radikalisme dalam rangka menjaga toleransi dan merawat Kebhinekaan serta Nasionalisme, room meeting Hotel Bangka City Selasa ( 27/07/2022).

Dalam pantauan awak media dalam Kegiatan FGD ini BARETTA bersinergi dengan Intelkam Polda Babel dan melibatkan siswa/i SMA , SMK , MA di Kota Pangkalpinang, dan melibatkan beberapa narasumber dari :

  1. Dewan Pertimbangan Ormas DPP BARETTA
  2. Ketua FKPT Provinsi Bangka-Belitung
  3. Kepala Dinas Pendidikan Prov. BABEL
  4. Kemenag Provinsi Bangka-Belitung
  5. Kepala Kesbangpol Prov Bangka Belitung

Diketahui radikalisme merupakan paham yang menginginkan perubahan atau pembaharuan sosial dan politik dengan cara kekerasan dan drastis atau sikap ekstrim dari suatu aliran. Paham Radikalisme menjadi berbahaya apabila terlalu fanatik terhadap sesuatu. Sebab tidak mampu menerima / toleransi kepada orang lain.

Paham Radikalisme harus di cegah, sebab sikap yang intoleran sangat bertentangan dengan simbol negara Indonesia, yaitu Bhineka Tunggal Ika yang menghargai keberagaman dan dapat memecah kesatuan NKRI yang memiliki keanekaragaman suku bangsa, budaya.

Oleh karena itu Sekjen DPP BARETTA Nurul Ikhsan, Amd yang dikenal dengan panggilan bang Rully mengatakan, “kegiatan  FGD ini diharapkan dapat menangkal paham radikalisme di tengah-tengah masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) khususnya, dan di tengah-tengah masyarakat Indonesia pada umumnya“, pungkas Rully.

Dalam Sambutan nya, Ketua Umum DPP BARETTA H. jumly Hamid S.E menyampaikan bahwa dengan adanya Focus group Discussion (FGD) yang diselenggarakan oleh Ormas Barisan Relawan Cinta Tanah air (BARETTA), maka BARETTA akan siap untuk memperjuangkan dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang manunggal bersama seluruh Bidang pemerintah dan Elemen Masyarakat agar menjadi Pemerintah yang “GOOD GOVERNAOUNCE” dan masyarakat yang madani, mandiri, terbuka egaliter dan ber-kesadaran hukum.

“Untuk itu BARISAN RELAWAN CINTA TANAH AIR (BARETTA) Menjaga, memelihara, memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa; dan/atau mewujudkan tujuan Negara dengan cara Mengupayakan pengembangan kreativitas dan kualitas Sumber Daya Manusia dikalangan pemuda dan generasi muda sebagai Anak Bangsa yang berprilaku luhur dan Bangga sebagai putra dan putri Indonesia”. Ungkap Jumly. (IRF)

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.