Bangka

Bayi di Kabupaten Bangka Terkonfirmasi Positif Covid-19

* 79 Orang di Kabupaten Bangka Terkonfirmasi Positip Covid-19

Foto : Juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra. (Ist)

BANGKA,SpotBerita – Wabah covid-19 bisa menyerang siapa pun tanpa mengenal usia, seperti halnya di wilayah Kabupaten Bangka, atau tepatnya di daerah lingkungan Sinar Baru, Kota Sungailiat, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka dikabarkan seorang bayi baru menginjak usia 1 tahun 10 bulan terkonfirmasi positip covid-19.

Hal itu disampaikan langsung juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan GTPP Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra,dalam siaran persnya, Kamis (10/9/2020).

“Hari ini dikabarkan menambah lagi jumlah pasien covid-19 seorang bayi berinisial DF usia 1 tahun 10 bulan,” kata Boy Yandra.

Dijelaskanya, bayi itu (DF) terserang lebih awal covid-19, namun adanya kontak erat dengan seorang wanita (22) berinisial FAB warga lingkungan Sinar Baru, Sungailiat Bangka yang tak lain merupakan ibu kandung DF, sehingga FAB pun ikut terpapar covid-19.

Lanjutnya, DF sendiri setelah diketahui merupakan transmisi imported case dari sang suaminya, ES (30) diketahui reaktif lantaran bulan Agustus 2020 lalu ES sempat pulang dari luar daerah pulau  Bangka yakni Ternate lalu berencana kembali lagi ke Ternate, namun setelah dilakukan tes rapid justeru diketahui ES dinyatakan reaktif.

“FAB kita karantina bersama bayi itu yang masih berusia satu tahun lebih itu (DF — red),” terang Boy.

Saat ini pun ditegaskan Boy, sebagai langkah tindak lanjut dari kasus tersebut pihaknya melalui Puskesmas Sinar Baru, Sungailiat akan melakukan giat tracking terhadap warga yang dianggap pernah melakukan kontak dengan FAB.

“Baik kontak dengan keluarganya maupun para tetangganya akan dilakukan tracking apakah pernah melakukan kontak primer dengan FAB maka kita harapkan segera melapor ke Puskesmas Sinar Baru,” jelasnya.

Tak cuma itu, dari kejadian ini pun ditegaskan lagi oleh Boy jika pihak intansi BPPD Kabupaten Bangka pun akan melakukan giat penyemprotan disinfektan di lokasi atau kediaman FAB.

“Termasuk di sekelilingnya dengan radius 100 meter,” terangnya.

Saat ini kasus covid-19 khususnya di wilayah Kabupaten Bangka total jumlah warga yang terkonfirmasi positip covid-19 kini mencapai sebanyak 79 orang namun jumlah pasien yang dinyatakan sembuh pun sebanyak 73 orang.

Oleh karena itu lagi-lagi Boy Yandra mengingatkan sekaligus menghimbau agar masyarakat senantiasa menggunakan masker serta membiasakan disiplin menjaga kesehatan.

“Hari ini saja tim Gugus Tugas Covid-19 bersama Forkopimda termasuk pak Kapolres Bangka turun ke lapangan guna memantau masyarakat yang menggunaka masker dan yang tidak menggunakan masker,” tegasnya.

Lanjutnya dalam giat tersebut bagi warga yang kedapatan tidak menggunakan masker maka sanksinya menurut Boy beragam antara lain disuruh push up dan membacakan Pancasila maupun sanksi menyanyikan lagu Garuda Pancasila. (Ian)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close