Bangka

Buka Open Turnamen Bola Di Masa Pandemi Covid-19, Ketua LIN Babel Khawatir Jadi Contoh Buruk Bagi Masyarakat

* Kapolsek Belinyu Bantah 'Bungkam'

Foto : Ketua DPD LIN Provinsi Babel, Ibrahim saat berdialog bersama Kapolda Kep Babel, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat. (Ist)

BANGKA,SpotBerita – Even kegiatan pertandingan sepak bola (Open Turnamen Bupati Bangka Cup 2020) tahun ini digelar pada masa pandemi covid-19 pun menuai pula sorotan dari Lembaga Investigasi Negara Provinsi kepulauan Bangka Belitung (LIN Babel).

Bahkan ketua DPD LIN Babel, Ibrahim mengaku sangat miris lantaran pemerintah daerah Kabupaten Bangka dianggapnya nekat memberikan ijin ke kegiatan pertandingan sepak bola yang digelar di lapangan Hijau Kota Belinyu, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka.

“Kasus ini patut kita pertanyakan kepada pemerintah daerahnya (Pemkab Bangka — red) kenapa sampai nekat memberikan ijin kegiatan pertandingan bola itu?, terlebih ini kan masih dalam situasi pandemi covid-19,” kata Ibrahim, Senin (5/10/2020).

Ibrahim sendiri pun mengaku dirinya tak habis berpikir dalam situasi pandemi covod-19 ini pun justru di Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka malah menggelar kegiatan olah raga yang sifatnya berkelompok dan mengundang terjadinya kerumunnan massa.

“Sebenarnya pemerintah Kabupaten Bangka tidak perlu diajar lagi kan sudah tahu jika daerah Kabupaten Bangka saat ini masuk dalam urutan kedua dalam hal jumlah masyarakatnya yang terpapar covod-19 selain Kota Pangkalpinang,” ungkapnya.

Lebih lagi Ibrahim pun sangat menyayangkan sikap dari intansi atau aparat berwenang lainnya justru ikut mendukung serta merekomendasikan terkait kegiatan pertandingan sepak bola yang telah digelar hampir satu bulan lebih.

“Saya khawatirkan hal ini justru akan memberi contoh yang tidak baik kepada masyarakat kita khususnya di Kabupaten Bangka,” tegasnya.

Sementara itu Kapolsek Belinyu, AKP Ricky Dwiraya Putra membantah jika dirinya ‘bungkam’ saat dikonfirmasi tim reporter spotberita.com terkait tanggapanya soal kegiatan pertandingan sepak bola di wilayah hukumnya (Kecamatan Belinyu).

“Sorry ya…bukan nya sya bungkam…tapi sya lg sibuk urusan lain…tks. Emang nya masih kurang penjelasan kapolres, beliau kan pimpinan saya,” kata Kapolsek Belinyu melalui pesan singkat (WA) yang diterima, Minggu (4/10/2020) malam sekitar pukul 20.10 WIB.

Lanjutnya, saat dikonfirmasi oleh tim reporter spotberita.com waktu itu melalui pesan singkat (WA), Minggu (4/10/2020) siang tak ia tanggapi sesungguhnya bukanlah hal yang disengajanya, melainkan saat itu ia sedang ada kesibukan dalam suatu acara.

“Jadi bukan berarti sya tidak membalas itu bungkam tidak mau menjawab, tapi sedang ada kegiatan lain, tadi lg sibuk pengamanan pelantikan pemuda pancasila belinyu,” kilahnya.

Meski begitu kembali Kapolsek ini menegaskan terkait kegiatan pertandingan sepak bola yang digelar di Belinyu itu saat ini sudah dihentikan setelah sebelumnya telah koordinasi oleh pihaknya bersama dengan pihak panitia penyelenggara kegiatan Open Turnamen Bupati Bangka Cup 2020.

“Kalau mau tau jawban sya, sya pihak polsek sudah berkoordinasi dgn panitia, terkait pemberhentian kegiatan pertandingan sepak bola, dan hasil nya akan dihentikan, tks,” terangnya.

Sampai saat ini belumlah ada penjelasan resmi dari pihak panitia penyelenggara Open Turnamen Bupati Bangka Cup 2020 terkait kegiatan pertandingan ini digelar pada masa pandemi covid-19. Meski tim reporter spotberita.com sempat mencoba menghubungi salah seorang panitia, Wahyu sejak Minggu (4/10/2020) sore hingga Senin (5/10/2020) pagi namun belumlah ada jawaban dari yang bersangkutan. (tim)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close