Pangkalpinang, spotberita.com – Danrem 045/Gaya Brigjen TNI Ujang Darwis, MDA Rapat pembahasan Tambang Ilegal di Prov. Kep. Bangka Belitung bertempat di Ruang Rapat Pasir Padi Lantai III Kantor Gubernur Prov. Kep. Babel, Jum’at 08/09/2022.

Hadir dalam kegiatan Pj. Gubernur Prov. Babel, Setda Prov. Babel, Kapolda Kep. Babel, Kasiter Kasrem 045/Gaya, Dirkrimsus Polda Kep. Babel, Wadir Polair Kep. Babel, Danpos TNI AL Pangkal Balam, Para Bupati / mewakili Se- Prov. Kep. Babel.

Rapat penanganan tambang ilegal ini bertujuan untuk mencari solusi terbaik, bagaimana cara mengatasi dengan makin maraknya tambang ilegal sekalipun razia sudah sangat sering dilakukan di seluruh wilayah Prov. Bangka Belitung.

Penyampaian Pj. Gubernur Babel (Ridwan Djamaludin) : Mengapresiasi kepada pihak-pihak yang sudah bekerja untuk menata permasalahan Tambang Ilegal yang sudah berlarut-larut dan lebih serius menata permasalahan tambang ilegal ini. Memperbaiki stigma bahwa Pemerintah tidak atau kurang peduli, secara administratif Bupati Walikota mempunyai wilayah yang akan ditata.

Harapannya aksi dan tindakan solusi yang diambil tidak menimbulkan gejolak, riak atau gemuruh di masyarakat, tidak menutup sama sekali mata pencaharian masyarakat sehari-hari membuktikan bahwa kebijakan yang diambil bermanfaat untuk masyarakat Babel.

Secara konsisten dan efektif pemerintah bersama-sama stakeholder terkait bisa menata tambang ilegal, karena sudah banyak kerugian negara akibat tambang ilegal dari segi ekonomi dan langkah awal tindakan yang nyata adalah melakukan penataan tambang ilegal, berharap tidak ada konflik yang bersifat horizontal di masyarakat.

Apabila terdapat kelompok-kelompok yang mengatasnamakan masyarakat namun dibalik itu sebenarnya tidak mewakili masyarakat silahkan membuat kotak pelaporan untuk TI (yang nantinya bisa menjadi Sanksi sosial).

Setiap smelter diharapkan melaporkan dari mana mendapatkan barangnya dan menerapkan CCTV (mrsainya yang disediakan Telkomsel) dan lokasi IUP nya bisa akses secara reai Ime.

Selanjutnya koordinasi harus sampai level Sekda sampai dengan level Desa, kita semua harus bergerak secara bersama-sama, Kita jaga kehormatan Pemerintah Prov. Babel ini. (*/red)

Sumber : R.H. Penrem 045/Garuda Jaya

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.