Bangka Selatan

Edan, Aktifitas Tambang Di Belakang Rumah Dinas Bupati Basel

* Lokasi Tambang IUP PT Timah

Foto : Wakil ketua LIN Provinsi Babel, Nurul Hidayah di lokasi tambang timah belakang rumdin Bupati Basel. (Ian)

BANGKASELATAN,SpotBerita – Oknum para pengusaha atau pelaku tambang terkesan tak lagi memperhatikan kondisi lingkungan sekitar.

Hal ini terbukti aktifitas penambangan pasir timah oleh oknum pelaku tambang justru dilakukan berdekatan dengan rumah dinas (rumdin) Bupati Bangka Selatan (Basel).

Aktifitas tambang ini pun sebelumnya sempat terpantau oleh timsus Lembaga Investigasi Negara (LIN) Provinsi Bangka (Babel).

Timsus lembaga ini saat itu dipimpin langsung oleh Nurul Hidayah bersama anggotanya meninjau ke lokasi belum lama ini.

“Sangat miris kita menyaksikan kondisi pertambangan di daerah ini (Toboali — red), masa aktifitas pertambangan timah tepat di belakang rumdin Bupati Bangka Selatan,” kata Nurul Hidayah selaku wakil ketua LIN Provinsi Babel di sela-sela meninjau lokasi belum lama ini.

Foto : Inilah lokasi tambang berlokasi di belakang rumdin Bupati Basel. Kini kondisi lahan setempat terdapat lobang besar bekas aktifitas tambang. (Ian)

Nurul sendiri tak habis pikir, pasalnya pelaku aktifitas tambang di lokasi setempat dinilainya sangat nekat melakukan aktifitas tambang dekat rumah dinas pejabat nomor satu di Basel ini.

“Apakah pejabat di sini tidak tahu atau bagaimana?,” singgungnya.

Bahkan Nurul sendiri sangat menyangsikan jika aktifitas tambang di lokasi itu mendapatkan perijinan dari pejabat maupun intansi terkait, pasalnya menurutnya sangat tidak pantas jika aktifitas penambangan di lokasi itu mendapat perijinan dari pejabat atau intansi terkait.

Foto : Timsus LIN Provinsi Babel saat menyusuri bukit tanah lokasi tambang belakang rumah dinas Bupati Basel, Toboali. (Ian)

“Bukankah lokasi ini kan masuk wilayah perkotaan. Lantas kok bisanya menambang dekat lokasi rumah dinas pejabat. Sepertinya ada sesuatu yang patut ditelusuri dalam hal ini,” ungkap Nurul.

Sementara informasi yang berhasil dihimpun tim reporter SpotBerita.com di lapangan serta sejumlah narasumber menyebutkan jika aktifitas tambang di lokasi setempat dikerjakan oleh pengusaha asal Kota Toboali beriinisial Bk.

Foto : Wakil ketua LIN Provinsi Babel, Nurul Hidayah saat di lokasi tambang menunjukan lokasi keberadaan rumdin Bupati Basel yang dinilainya cukup dekat. (Ian)

Aktifitas tambang di lokasi itu pun cukup dekat dengan rumah dinas Bupati Basel atau berjarak sekitar tak lebih dari 100 meter. Bahkan aktifitas tambang itu pun telah berlangsung lebih dari satu tahun hingga kondisi lahan setempat kini rusak dan menimbulkan lobang besar yang mengangah.

Sementara itu, kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Basel, Gatot Wibowo saat dikonfirmasi terkait aktifitas penambangan dekat rumah dinas Bupati Basel justru dirinya mengatakan jika aktifitas penambangan di lokasi tersebut sudah mendapat ijin dari intansi terkait (PT Timah).

Bahkan sebelumnya pihak DLH Kabupaten Basel pun sempat memanggil pihak PT Timah termasuk intansi terkait lainnya guna membahas permasalahan aktifitas tambang di lokasi yang dekat rumdin Bupati Basel tak lain merupakan lokasi ijin usaha penambangan (IUP) PT Timah.

“Lokasi tersebut IUP PT Timah. Jadi sebelumnya kita sudah memanggil pihak pengusaha tambangnya dan PT Timah,” terang Gatot.

Dalam pertemuan antara pihak DLH Kabupaten Basel dengan pihak-pihak terkait termasuk PT Timah, pihak DLH Kabupaten Basel meminta agar lahan eks tambang di lokasi setempat segera dilakukan reklamasi.

“Kita minta bulan Desember 2020 mendatang lahan eks tambang tersebut harus direklamasi jika tidak direalisasikan maka itu ada sanksinya,” tegas Gatot.

Saat disinggung pihak mana yang harus bertanggung jawab terkait aktifitas tambang di belakang rumah dinas Bupati Basel tersebut, namun kembali Gatot menegaskan jika pihak yang mesti bertanggung jawab yakni PT Timah.

Sementara Wasprod PT Timah wilayah Basel, Sindu sempat dikonfirmasi terkait aktifitas penambangan dekat belakang rumdin Bupati Basel justru ia tak menampik jika aktifitas tambang yang dikerjakan oleh perusahaan mitra PT Timah dan bekerja di IUP PT Timah.

“Iya lokasi IUP PT Timah,” kata Sindu singkat tanpa berkomentar panjang saat ditemui tim reporter spotberita.com belum lama ini di kantornya di Toboali.

Sementara itu Bk pengusaha asal Toboali masih diupayakam konfirmasi terkait aktifitas penambangan di lokasi belakang rumdin Bupati Basel. (Tim)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close