Pangkalpinang

Evan Pimpin Organisasi IWO Babel Siap Wujudkan Pers Profesional & Bermartabat

Ryan : Kebebasan Pers Adalah Hak Azasi

Foto : Ketua IWO Babel, Evan Satriadi. (Istimewa)

PANGKALPINANG,SpotBerita – Evan Satriadi selaku pimpinan media onlime terbitanbabel.com berharap organisasi Ikatan Wartawan Online (IWO) Provinsi Bangka Belitung (Babel) yang dipimpinnya saat ini dapat mewujudkan para insan pers/wartawan yang mengedepankan sikap profesionalitas dan selalu menjunjung tinggi martabat dalam menjalankan profesi.

“Insya Allah harapan kita seperti itu. Para insan pers atau wartawan di Babel ini senantiasa mengedepankan sikap profesionalitas dan selalu menjunjung tinggi martabatnya dalam menjalankan profesi,” ucap Evan dalam siaran persnya baru-baru ini.

Foto : Selain menjabat sebagai ketua IWO Babel, Evan Satriadi pun menjabat selaku pimpinan redaksi media Terbitanbabel.com. (Istimewa)

Wartawan pecinta dunia otomotif ini (Evan Satriadi) juga berharap para insan pers yang tergabung dalam organisasi IWO Babel ini memiliki integritas tinggi dan intelektual yang dapat dipercaya oleh masyarakat atau public.

Terlebih belum lama ini pun ia telah menerima surat keputusan (SK) terkait perubahan struktur kepengurusan IWO Babel periode 2017-2022, hal itu berdasarkan SK No.020A/PP-IWO-PROV/XII/2019 tentang struktur pengurus wilayah IWO Babel ditanda tangani oleh ketua umum IWO pusat, Jodhi Judono dan sekjen Dwi Christianto.

Foto : Lembaran SK terkait perubahan kepengurusan IWO Babel 2017-2022 ditanda tangani oleh ketua umum IWO, Jhodi Yudono & sekjen, Dwi Christianto. (Istimewa)

Foto : Ketua umum IWO pusat, Jhodi Judono. (net/sigerindo.com)

Adanya perubahan struktur kepengurusan IWO Babel periode 2017-2022 alasannya lantaran para pengurus lama kini tidak aktif lagi, sehingga sekarang muncul sejumlah deretan nama para pengurus baru ternasuk satu diantaranya seorang wartawan senior/mantan wartawan media Kompas Group/Tribunews.com, Ryan Augusta Prakasa.

“Dua tahun sudah kita sudah berjalan dan butuh evaluasi untuk perbaikan dan di tahun 2020 ini harus ada perubahan yang signifikan,” harapnya.

Foto : Ryan A Prakasa saat menerima penghargaan sebagai mitra terbaik dalam sinergisitas dengan Korp Brimob Polda Kep Babel. (Istimewa)

Ia pun berharap pula dengan perubahan kepengurusan IWO Babel ini dapat dijadikan inspirasi para insan pers dalam menjalankan profesi sebagai penyampai informasi kepada publik.

“Semoga sisa periode kami ini dan adanya kepengurusan baru IWO Babel dapat menjadi inspirasi para wartawan dalam menjalankan profesinya,” harapnya seraya menambahkan bila tak ada halangan para pengurus baru IWO Babel dalam waktu dekat segera dilantik.

Foto : Sekjen IWO Babel, Ryan Augusta Prakasa

Senada diharapkan oleh pria yang menekuni profesi sebagai wartawan belasan tahun ini (Ryan Augusta Prakasa) juga selaku pengelola media online spotberita.com & lintasanberita.com.

Bahkan Ryan sendiri mengaku sangat bangga saat ini ia dipercaya menduduki jabatan selaku sekjen IWO Babel
berdasarkan SK perubahan struktur kepengurusan IWO Babel tersebut.

Terlebih lagi, organisasi IWO saat ini dipimpin oleh Jodhi Judono selaku ketua umum, sehingga dianggapnya hal tersebut justru suatu dorongan besar serta keyakinannya untuk bergabung dalam organisasi ini.

Foto : Ryan saat berbincang santai bersama hakim ‘Kopi Maut Bersianida’, Dr Binsar M Gultom SH. (Istimewa)

“Alhamdulilah rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa serta ucapan terima kasih kepada kawan-kawan atas semua ini. Last but not least I must say thank alot for Jhodi Judono because I know you are the best inspirator!,” ungkap wartawan senior yang pernah mengenyam studi di Australia tahun 1997 lalu ketika masih berstatus mahasiswa, saat ditemui di sela-sela waktu senggangnya, Senin (6/1/2020) sore di sebuah resto & cafe di Kota Pangkalpinang.

Tergabung dalam organisasi IWO Babel saat ini ia pun berharap khususnya para insan pers di Babel dapat menjaga rasa kebersamaan dalam wadah organisasi yang sama serta dapat menjaga nama baik organisasi.

Foto : Menjalin silahturahmi & sinergisitas dengan pimpinan institusi manapun senantiasa dijaganya termasuk dengan mantan Kapolda Babel, Irjen Pol Istiono kini menjabat sebagai Kakor Lantas Polri. (Istimewa)

Selain itu ia pun mengingatkan agar wartawan yang tergabung dalam organisasi IWO Babel periode 2017-2020 hendaknya loyal dan memiliki solidaritas yang tinggi sesama rekan seprofesi.

Foto : Pose bersama Aspidsus Kejaksaan Tinggi Provinsi Bangka Belitung, Edi Ermawan SH MH usai melakukan peliputan di institusi tersebut. (Istimewa)

Ia pun saat itu sempat mengulas singkat fungsi dan peran pers yang dianggapnya memiliki hak dan kewenangan yang dilindungi oleh Undang-Undang (UU).

Foto : Ryan A Prakasa menyempatkan diri pose bersama pimpinan Pengadilan Tinggi Bangka Belitung , Conel Sianturi SH MHum (tengah) didampingi Humas, Lian Sibarani SH MH. (Istimewa)

Dalam UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers pasal 4 di dalam ayat 1 menurut Ryan disebutkan bahwa kemerdekaan pers dijamin sebagai hak asasi warga negara.

“Kebebasan pers adalah hak azasi!,” tegas wartawan senior yang pernah menjadi tenaga pengajar di Sekolah Polisi Negara (SPN) Lubuk Bunter, Polda kep Babel sebagai pengajar Intelijen Managemen Media (IMM) tahun 2017 lalu. (Tito)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close