Pangkalpinang

Lebaran Idul Fitri 2019 Empat Kapal Siap Angkut Pemudik Di Pelabuhan Pangkal Balam

Foto : kepala KSOP Pangkal Balam, Izuar.(Habib)
PANGKALPINANG,SpotBerita – Guna mengantisipasi gelombang arus mudik penumpang jelang lebaran Idul Fitri 2019 di pelabuhan Pangkal Balam, Kota Pangkalpinang saat ini pihak Kantor Sahbandar & Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pangkal Balam saat ini telah mempersiapkan sedikitnya 4 unit kapal khusus untuk mengangkut penumpang.
“Kapal yang kami siap kan untuk harus mudik lebaran Idul Fitri 2019 ini ada 4 kapal, salah satunya kapal expres dan untuk kapal expres mulai hari ini berjalan setiap hari di pelabuhan Pangkal Balam,” ujar kepala KSOP Pangkal Balam, Izuar H saat ditemui reporter SpotBerita.com, Selasa (21/5/2109) di ruang kerjanya.
Begitu pula untuk kapal lainnya jenis Roro pun dijadwalkan setiap hari untuk mengangkut penumpang dari Jakarta atau pun dari Pangkal Balam.
 “Jadi kami memprioritaskan untuk penumpang arus mudik lebaran Idul Fitri 2019 ini,” tegasnya.
Terkait persiapan itu pula, dikatakanya lagi jika saat ini di kawasan pelabuhan Pangkal Balam saat ini telah didirikan Posko Angkutan Lebaran 2019.
“H-15 Posko sudah dibuka dan kami telah menyelenggarakan apel siaga,” ujarnya.
Bahkan baru-baru ini menurutnya ada peningkatan arus mudik di pelabuhan setempat. Meski begitu Posko Angkutan Lebaran 2019 siap melayani arus mudik.
“Kami memprioritaskan untuk penumpang arus mudik jadi untuk msalah sampai hari ini. Alhamdulillah kami belum ada masalah, dan boleh dicek posko kita,” tegasnya.
Selain itu upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat guna menghadapi arus mudik lebaran tahun ini, pihak KSOP Pangkal Balam saat ini pun telah mempersiapkan sarana pengobatan pemeriksaan gratis di pelabuhan setempat.
“Begitu pula untuk ruangan tunggu terminalnya sudah bagus dan kami menyiapkan WC dan musholah untuk para pemudik dan kami udah siap melayani para pemudik 2019 ini,” terangnya.
Kendati begitu diakuinya jika baru-baru ini sempat ada kejadian sebuah kapal yang mengangkut penumpang hendak berlabuh di pelabuhan Pangkal Balam justru terkendala air mengalami surut.
“Hari kemarin kapal kami berangkat pagi kebetulan air laut surut dan kapal hendak berlabuh pun terhambat bergerak dan kami mengondisikan kapal patroli kami untuk bolak-balik mengevakuasi para penumpang. Alhamdulillah penumpang tidak menunggu sampai malam seharusnya menunggu sampai malam jam satu (1) udah selesai dengan 400 penumpang. dan untuk penumpang jangan ragu tidak akan menunggu lama di laut,” terangnya.
Ia sendiiri menghimbau bagi masrakat yang hendak menggunakan jasa angkutan laut sebagai penumpang kapal.
“Segera membeli tiket, mau itu orang dewasa atau anak kecil karena semuanya harus terdaftar hal ini supaya kami lebih enak memantau kapal udah lebih kapisitas atau tidak,” pesannya. (M Habib)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close