hukum & kriminalitas

Hari Ini Sidang Perdana Kasus Pelaku Penusukan Menkopolhukam Secara Teleconference

Foto : Hakim Pengadilan Tinggi Provinsi Banten, Dr Binsar M Gultom SH SE MH. (Ian)

JAKARTA,SpotBerita – Kasus pelaku penusukan mantan Menkopolhukam RI, Wiranto sampai saat ini terus berlanjut ke proses hukum. Pelaksanaan kegiatan sidang perdana perkara ini pun diketahui bukan digelar di Pengadilan Negeri Serang, Provinsi Banten.

Sebaliknya sidang tersebut digelar, Kamis (9/4/2020) dimulai pukul 09.00 WIB di Pegadilan Negeri Jakarta Barat dengan agenda sidang pembacaan dakwaan.

Pelaksanaan sidang perkara ini sengaja tidak digelar di Pengadilan Negeri Serang meski locus dan tempus delicti (tempat peristiwa pidana) terjadi di kota Serang, lantaran alasan keamanan.

“Alasan keamanan. Selain itu karena ada permohonan dari Kajari Pandeglang yang diketahui oleh Kapolres Pandeglang, sehingga berdasarkan pasal 85 KUHAP, Ketua MA berdasarkan Surat Keputusan Ketua MA Nomor 255/KMA/SK/XII/2019 menetapkan PN Jakarta Barat untuk menyidangkan perkara ini,” kata juru bicara Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi (PT) Banten, Dr Binsar M Gultom SH SE MH dikonfirmasi reporter spotberita.com melalui juru bicara hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Eko Aryanto SH MH, Kamis (9/4/2020) pagi.

Ditambahkan Dr Binsar yang juga sebagai hakim Tinggi Banten ini, sebelumnya memang penyelidikan, penyidikan dan penuntutan perkara yang menghebohkan masyarakat kota Serang ini dilakukan di wilayah locus tempus delicti kota Serang.

Namun akhirnya diambil alih oleh Mabes Polri/Densus 88 sekaligus penuntutannya dilakukan oleh Kejagung RI,” tegas mantan hakim PN Jakarta Pusat yang pernah menangani kasus kopi maut bersianida ini. (Ian)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close