Pangkalpinang

Ide Berlian SangJenderal Sulap Lahan Tidur Jadi Taman Bhineka

Foto : Kapolda Babel, Brigjen Drs Pol Istiono MH. (Net)

PANGKALPINANG,SpotBerita – Selain ramah, di balik itu sosok sang jenderal polisi bintang satu ini pun tak disangka memiliki ide ‘berlian’. Bahkan tak tanggung-tanggung dirinya kini mampu menyulap suatu lahan tidur menjadi sebuah taman yang kini dapat dinikmati masyarakat umum.

Taman yang telah dibangun oleh sang jenderal ini lokasinya tepat berada disamping markas Polda kep Bangka Belitung (Babel).
Meski terbilang belumlah lama dibangun, namun kini kondisi taman yang diresmikan Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian Rabu (25/4/2018) itu kini cukup ramai dikunjungi masyarakat umum.

Bahkan para pengunjung dapat bersantai sekedar menikmati suasana taman nan alami lantaran di kawasan setempat terdapat tempat permainan anak, pondok-pondok dan pepohonan rindang.

Selain itu kerap para pengunjung ketika berkunjung di taman ini juga memanfaatkan area taman setempat sebagai sarana olah raga joging sore hari.

Tak sekedar itu, bahkan taman yang dinamakan Bhay Park ini pun kerap pula digunakan untuk kegiatan-kegiatan lainnya, bahkan Bhay Park pun baru-baru ini sempat digunakan sebagai tempat acara deklarasi ‘Tolak Kerusuhan & Kekacauan Demi Menjaga Keutuhan NKRI” dihadiri ribuan massa.

“Insya Allah saya punya rencana taman itu (Bhay Park — red) mau saya kembangkan lagi, bahkan saya telah membuat site plan atau konsepnya,” ungkap Brigjen Pol Drs Istiono MH didampingi Kabid Humas Polda Babel, AKBP Maladi di sela-sela menerima kunjungan perwakilan para jurnalis/pewarta di ruang kerjanya markas Polda kep Babel, Rabu (3/7/2019).

Berdasarkan ide yang telah direncanakan oleh sang jenderal satu ini sebelumnya, dan hal itu diuraikanya di hadapan jurnalis jika kawasan Bhay Park pada bagian tengah area terdapat kolong tersebut akan dibangunnya sejumlah tempat ibadah yakni mesjid, gereja, vihara termasuk pura.

“Sengaja saya konsep sedemikian rupa. Hal ini sesungguhnya ada filosofi atau pesan bermakna sangat penting yang terkandung dalam konsep ini bahwa di Bhay Park adalah sebuah Taman Bhineka,” papar jenderal yang mulai menjabat selaku Kapolda Babel sejak 9 Nopember 2018 lalu.

Bahkan rencana kawasan Bhay Park pun rencana olehnya bakal dibangun antara lain sekolah alam, pustaka alam termasuk taman satwa.
Mendengar paparan seputar konsep pengembangan Bhay Park tersebut spontan perwakilan jurnalis termasuk pimpinan media online spotberita.com & lintasanberita.com, Aas Asrori yang ikut hadir dalam pertemuan saat itu serentak memberikan aplaus kepada jenderal polisi satu ini.

“Salut! ini sebuah ide berlian dari seorang jenderal patut dijadikan contoh!, semoga impian membangun Taman Bhineka dapat terwujud,” ucap seorang wartawan senior asal surat kabar harian pagi Bangka Pos, Ryan Augusta Prakasa saat itu seraya tersenyum.

Meski begitu jenderal  polisi berkumis tipis dan berpenampilan kaca mata ini pun justru tak melupakan hal-hal lainnya terkait konsep pengembangan Bhay Park menjadi Taman Bhineka namun ia justru menginginkan di area atau kawasan taman tersebut dibangun pusat jajanan kuliner atau lapak-lapak menyediakan ragam makanan khas masyarakat Babel, hal itu dengan tujuan menurutnya guna mempromosikan produk lokal kepada para pengunjung asal luar daerah.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini serah terima lahan yang kita bangun taman itu (Bay Park — red) dari pemerintah daerah kepada kita (Polda Kep Babel — red) segera terlaksana sehingga rencana konsep pembangunan selanjutnya dapat kembali berjalan,” harap jenderal kelahiran 1 Oktober 1963 ini. (Aldi)
Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close