Kader Posyandu Diimbau Berikan Makanan Tambahan Tepat Waktu

SIMPANG PESAK -Spotberita, Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Maya Suganda Pasaribu, mengimbau para kader posyandu, untuk memberikan makanan tambahan kepada anak stunting, secara tepat waktu.

Imbauan tersebut, disampaikan Maya Suganda Pasaribu, saat kegiatan Sosialisasi Bantuan Keuangan untuk ibu hamil (bumil) kekurangan energi kronis (kek), stunting, dan honor kader yang dilaksanakan di Kantor Camat Simpang Pesak, pada Rabu (20/9/2023).

“Misalnya, kalau hari ini anaknya dikasih makan jam 8, besoknya juga harus di jam segitu juga. Tujuannya, supaya anak bisa disiplin dan perilaku anak makan dengan teratur pun jadi terbangun. Karena kalau tidak teratur, nanti anak-anak jadi mengkonsumsi makanan yang bukan makanan pokok,” ujar Maya Suganda.

Hal ini, kata Maya, selain untuk mendisiplinkan anak, juga bertujuan supaya anak tidak memakan makanan yang tidak bergizi. Makanan yang tidak mengandung gizi seimbang itulah, lanjut Maya, yang menjadi penyebab anak menjadi stunting. Untuk itu, dirinya berharap secara perlahan, perilaku makan secara teratur dapat terbentuk di masyarakat Kepulauan Babel.

Lebih lanjut, Maya Suganda yang saat itu didampingi Ketua 1 TP PKK Kabupaten Beltim Maisinun, juga mengingatkan agar para kader posyandu untuk tidak melewatkan konsultasi terlebih dahulu kepada masyarakat setempat dan ahli gizi. Hal ini, menghindari terjadinya mubazir.

“Nanti para kader harus cari tahu dulu, makanan didaerah setempat itu biasanya diolah itu seperti apa. Kalau sudah tahu, baru nanti dikonsultasikan ke ahli gizi. Soalnya, jika tidak sesuai, takutnya nggak dimakan, kan mubazir juga jadinya,” katanya.

Selain itu, kata Maya Suganda, pemanfaatan pangan lokal juga sangat disarankan, mengingat agar perputaran roda ekonomi di lingkup masyarakat dapat berjalan dengan baik.Spotberita.com Sumber DISKOMINFO PROV KEP BABEL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *