Belitung

Kasus Kericuhan Penertiban Tambang Liar Sijuk Belitung Kedua Pihak Berdamai

Foto : Para pihak terkait saat menyaksikan barang bukti atas kejadian kericuhan antara penambang dengan Satpol PP Prov Babel. (Istimewa)

 

TANJUNGPANDAN,SpotBerita – Kisruh antara pihak Satpol Pamong Praja (PP) dengan pihak penambang di wilayah Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung akhirnya kedua belah pihak sepakat berdamai.

Kesepakatan damai tersebut berawal adanya pertemuan dengan pihak Satpol PP Propinsi Babel dan masyarakat penambang di Sengkelik Kecamatan Sijuk Belitung saat giat audensi di ruang rapat bupati Belitung, Selasa (17/12/2019).

Sebelumnya kedua belah pihak saling lapor ke pihak kepolisian pasca ricuh saat giat penertiban tambang di kawasan hutan lindung pantai Air Sengkelik Desa Sijuk Belitung beberapa lalu.

Audensi yang dipimpin langung oleh bupati Belitung Sahani Saleh bersama Plt Sekda Propinsi Kepulauan Babel Yulizar Adnan, Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum Zaidan serta dihadiri perwakilan masyarakat penambang akhirnya kesepakatan damai.

“Jadi ini kesepakatan damai total, tidak ada lagi istilah pidana atau perdata setelah ini,” tegas Sahani Saleh.

Bupati Belitung ini pun meminta kedua belah pihak yang sempat berseteru segera mencabut laporan masing-masing dan mengambil barang bukti, Rabu (18/12/2019) di Mapolres Belitung.

Alasan Sanem, jika langkah damai ini sudah seharusnya dilakukan lantaran sesuai dengan nemonklatur Babel yang hidup dengan Pribahasa Serumpun Sebalai. Namun ia meminta agar peristiwa serupa tidak terulang ke depannya.

Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum Zaidan menambahkan Gubernur maupun Sekda Propinsi Kepulauan Babel juga sejalan dengan apa yang disampaikan Bupati Belitung Yakni menyelesaikan masalah dengan jalan damai.

“Kami mengucapkan terima kasih atas inisiasi Bupati Belitung yang menggelar pertemuan ini. Intinya apa yang disampaikan Bupati Belitung sudah sejalan dengan apa yang disampaikan Pak Gubernur dan Pak Sekda,” tegas Zaidan pula.(Boci)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close