Uncategorized

Keberhasilan Panen Padi Melimpah Di Tanjung Labu Tak Lepas Peran Koramil 413-01/Lepar

BANGKASELATAN,SpotBerita – Hasil panen padi di persawahan Tanjung Labu merupakan daerah pencetak sawah tahun 2017 kini melimpah, sehingga masyarakat Desa Tanjung Labu, Kecamatan Pulau Lepar, Kabupaten Bangka Selatan menganggap sangat perlu untuk melaksanakan ‘Hedeka Ume’ sebagai ungkapan rasa sukur kepadaTuhan Yang Maha Kuasa atas hasil panen padi yang melimpah.
Kapten Arh Khaerudin saat itu sempat menghadiri acara Hedekah Ume di Desa Tanjung Labu, Kecamatan Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan, Minggu (24/2).
Komandan Koramil (Danramil) 413-01/Lepar Pongok (Kapten Arh Khaerudin) sangat memiliki andil dalam keberhasilan dari persawahan yang dicetak pada tahun 2017 tersebut.
Hal itu lantaran Danramil setempat beserta anggotanya sejak awa selalu mendampingi para petani untuk terjun langsung membantu, mulai dari penyaluran pupuk membajak sawah, penyemaian, penanaman hingga memanen padi, sehingga panen padi tahun 2019 dapat melimpah.
Hedeka Ume di Tanjung Labu merupakan tradisi yang menunjukkan rasa syukur atas rezeki yang diperoleh masyarakat dari bercocok tanam, dimana masyarakat melaksanakan sedekah atas hasil pertanian terutama hasil padi.
Untuk itu disetiap pondok para petani disawah menyediakan makanan tradisional sehingga bagi masyarakat yang melintas dapat menikmati hidangan yang disediakan. merupakan tradisi yang berume.

“Tradisi Hedeka Ume ini merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas hasil panen yang banyak, dengan ungkapan rasa syukur ini mudah mudahan hasil panen yang akan datang dapat lebih banyak lagi”” ungkap perwira berpangkat Kapten tersebut.

Selain itu pihaknya senantiasa terus berupaya guna melakukan pengembangan potensi daerah khususnya di sektor pertanian khususnya di daerah Bangka Selatan.
“Kita akan terus kembangkan potensi pertanian dan perkebunan di Kecamatan (Lepar Pongok). Kegiatan sedekah ume ini juga merupakan bukti keberhasilan pengembangan pertanian di Lepar Pongok sehingga adanya syukuran seperti ini,” imbuhnya.

Kegiatan hedeka ume tahun ini diawali dengan Sambutan Kades Tanjung Labu dilanjutkan Sambutan Bupati Basel H. Yustiar kemudian Doa, setelah itu Pemotongan dan penyerahan tumpeng Lepat kepada Kades serta Penyerahan Taraktor 16×16 Toda 4 dari Dinas Pertanian, dan diakhiri acara Ramah tamah.

Hadir dalam kegiatan hedeka ume diantaranya Bupati Basel, Setda Basel, Kadistan Basel dan tak ketinggalan seluruh SKPD Basel. Hadir juga pak camat, Kapolsek, Tokoh adat dan tokoh masyarakat setempat. (Jes)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close