Daerah

Peran Babinsa Di Desa Nyuruk Belitung Timur Tingkatkan Swasembada Pangan Dendang

Foto : Babinsa saat pose bersama masyarakat. (dok Pendim 0414/Belitung)

BELITUNG,SpotBerita – Kodim 0414/ Belitung dalam meningkatkan swasembada pangan di kepuluan Belitung tetap mengaktifkan para Babinsanya di lapangan guna melaksankan pengawalan dan pendampingan terhadap para petani di desa binaannya masing masing. Minggu (3/2/2019).

Babinsa Nyurok, Serda Sudiarto asal Koramil 03/Gantung diketahui selama ini melaksanakan tugas pendampingan terhadap masyarakat petani saat itu terbukti hasilnya dengan melaksankan panen raya bersama wakil Bupati Beltim Bapak Burhanudin.

Kegiatan panen raya padi sawah di Dusun Pelulusan Desa Nyuruk Kecamatan Dendang kali ini diawali dengan sambutan oleh Ketua Poktan Karya Alam Bapak Darmudi.

“Kita bersama-sama bersyukur panen dapat di lakukan karna pernah kena Banjir tapi masih bisa dipanen walaupun tidak maksimal hasilnya.
Hasil panen sekarang ini dalam 1 ha menghasil kan 3,8 ton gabah jadi sudah cukup baik di daerah Beltim ini,” ucapnya.

Meski begitu ia sendiri berharap agar adanya proyek kegiatan irigasi oleh pihak pemerintah daerah dengan maksud agar irigasi di wilayah setempat dapat diperbesar.

“Kami selaku ketua poktan mohon bantuan pengerjaan irigasi yang kecil untuk diperbesar oleh pemerintah daerah dan mohon bantuan mesin giling padi karena sekarang yang kita punya sudah tidak cukup kapasitas nya untuk petani,” harapnya.

Sementara sambutan wakil bupati Beltim, saat itu mengatakan jika dirinya merasakan kebanggaan tersendiri.

“Saya sangat banggga kepada petani, sebab dengan panen ini dapat terwujud dan terbukti di pagi hari ini,” ujarnya.

Oleh karenanya pihaknya selaku dari pemerintah daerah saat ini berusaha guna membantu petani membuat irigasi dan mengirimkan exavator dan bantuan 1 unit mesin panen padi dapat membantu petani dalam meningkatkan produktifitas padi sawah.

Kegiatan dilanjut kan dengan pemotongan padi yang berjenis impari 30 dan 32 merupakan benih padi yang dibuat oleh dinas pertanian Beltim dan cocok dengan tanah di Beltim ini dan mencoba mesin panen yang baru bantan dari Kementrian pertanian

Selain wakil bupati Beltim, Burhanudin hadir, saat acara itu pun turut hadir anggota DPRD Beltim, Rostika Yuniarti, Kabid ketahanan pangan Bapak Harianto Kabid Penyuluhan Bapak Jaka. Camat Dendang Bapak Maturidi. Danramil Gantung di wakili Babinsa. Desa Nyuruk, Plt Kades Nyurok bpk Gurdi .Ketua Poktan Karya Alam Bapak Darmudi serta Masyarakat petani 90 orang. (Rey)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close