“Kejutan Tak Terduga: Umi Lidiantita, Aktifis Perempuan Babel, Berkisah Tentang Kesamaan Tanggal Kelahiran dengan Megawati Soekarno Putri”

PANGKALPINANG- Spotber, Umi Lidiantita tak menyangka dan tak menduga sama sekali jika tanggal dan bulan kelahirannya sama dengan kelahiran mantan Presiden Republik Indonesia (RI) ke-5, Megawati Soekarno Putri.


Oh ya saya baru tahu ini. Masya Allah kelahiran saya dengan ibu Megawati ternyata,” ujar wanita ini sambil tersenyum bahagia saat sedang diajak berbincang-bincang santai dengan tim Spotber (Spotber / Team ), Selasa (23/1/2024) siang di salah satu kedai kopi di Kota Pangkalpinang.


Memiliki angka kelahiran dan bulan yang sama dengan para orang-orang besar maupun tokoh ternama dunia tentunya akan memiliki rasa kebanggan tersendiri bagi seseorang. Bahkan sebagian masyarakat pun mempercayai jika angka kelahiran dan bulan memiliki karakter tersendiri.


Ia sendiri mengaku baru mengetahui jika kelahirannya sama dengan mantan orang nomor 1 di Indonesia setelah dirinya diberitahu oleh seorang sahabatnya. Oleh karenanya ia sendiri mengaku merasa sangat kaget dan bahagia.
Umi pun mengaku jika dirinya sangat mengagumi sosok Megawati Soekarno Putri. Di matanya Megawati merupakan sosok perempuan yang tegas dan pemberani serta pintar dalam berpolitik. Namun ia sendiri berharap angka kelahirannya yang sama dengan Megawati ke depan memberikan makna yang berarti bagi dirinya.

“Mudah-mudah angka kelahiran saya ini membawa berkah bagi saya pribadi dan keluarga serta bangsa dan negara Republik Indonesia tercinta ini,” harap wanita penyuka batu akik Sulaiman.

Namun begitu, wanita kelahiran Mentok Kabupaten Bangka Barat ini tak lupa ia memberikan apresiasi kepada Megawati Soekarno Putri dengan ucapan selamat merayakan milad ke-77.

“Saya ucapkan selamat Milad ke-77. Semoga ibu Mega sehat dan selalu diberikan keberkahan oleh Allah SWT. Tetap semangat ya bu!,” ucapnya.

Umi kesehariannya dikenal di kalangan kerabat dekatnya merupakan sosok seorang aktifis perempuan yang aktif di berbagai organisasi atau lembaga semacam NGO (Non Goverment Organization) khususnya di wilayah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Beragam organisasi yang digeluti dan jabatan yang disandang oleh wanita ini antara lain organisasi DPP BARISAN RELAWAN CINTA TANAH AIR ( BARETTA ) dengan jabatan selaku bendahara umum, begitu pula Umi pun saat ini juga aktif sebagai Ketua DPC Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Kabupaten Bangka Barat termasuk saat ini ia pun aktif sebagai ketua Bidang Perempuan di Forum Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (FORUM PUSPA) Kabupaten Bangka Barat.

Selain itu beragam lembaga dan organisasi lainnya pun digeluti wanita ini diantaranya sempat aktif di organisasi Masyarakat dengan Jabatan sebagai Ketua DPC Pemuda Pancasila (PP) Kab Bangka Barat, dan wanita pecinta batu akik ini kini menjabat selaku ketua DPC Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) Kabupaten Bangka Barat serta selaku sekretaris relawan GARIS Kabupaten Bangka Barat.

Sebagai wanita yang menyukai warna favorit hitam dan merah, Umi mengaku menjadi aktifis di sejumlah organisasi sejak ia usia muda termasuk sempat aktif di organisasi KNPI. Bahkan aktifis wanita kini memiliki 3 orang anak dan 4 orang cucu ini pun mengaku tak merasa kesulitan membagi waktu untuk keluarganya meski ia sendiri sangat aktif di sejumlah organisasi yang ditekuninya sampai saat ini.

“Pandai-pandai kita saja bagaimana mengatur waktu itu dengan baik. Namun keluarga bagi saya adalah hal yang utama,” kata istri AH Haryanto ini.

Saat disinggung perihal gaya eksentrik dirinya dengan ciri khas kerap menggunakan cincin batu akik terpasang hampir di setiap jemarinya. Umi mengaku justru ia sendiri tak merasa risih. Sebaliknya, Umi mengaku sangat senang dan percaya diri jika setiap hari menggunakan sejumlah cincin bergam jenis batu akik di tiap jarinya.

Oleh karenanya lantaran diketahui setiap hari kemana pun ia pergi terlihat menggunakan cincin batu akik maka bupati Bangka Barat pun sempat memberinya gelar nama yakni Ratu Akik Muntok.

“Saking fenomenal sebagai wanita yang menggunakan banyak cincin batu akik di jari-jari ini maka saya pun diberi gelar oleh pak Bupati Bangka Barat dengan gelar Ratu Akik Muntok,” ungkap Umi menunjukan sejumlah cincin diikat batu akik di jemarinya sambil tertawa kecil.

Di akhir bincang-bincang, Umi pun menyempatkan diri dengan menyampaikan kata bermakna sebagai filosofi yang dipedomaninya selama ini.

“”Kehidupan adalah petualangan yang penuh warna. Hadapi setiap rintangan dengan keberanian, pelajari dari setiap kegagalan, dan nikmati setiap momen. Dalam perjuanganmu, temukan kekuatan untuk terus maju, karena setiap langkahmu membentuk perjalanan menuju versi terbaik dari dirimu,” sebut Umi menutupi obrolan saat itu,(Spotberita.com / HWTeam )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *