Pangkalpinang

Korupsi Biji Timah Kadar Rendah, Kajati Babel Sebut Tiap Hari Ada Pemeriksaan

Foto : Inilah salah satu gudang PT Timah terletak di Tanjung Gunung, Pangkalan Baru. (Ian)

PANGKALPINANG,SpotBerita – Perkara dugaan korupsi di tubuh BUMN (PT Timah TBK) terkait pembeli pasir biji berkadar rendah sampai saat ini terus diusut pihak Kejaksaan Tinggi Provinsi Bangka Belitung (Kejati Babel).

Hal tersebut tak lain guna mengusut tuntas perkara dugaan korupsi yang diduga merugikan keuangan negara mencapai angka miliaran.

Kajati Babel, Ranu Mihardja SH MH pun mengaku jika penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejati Babel sampai saat ini terus melakukan pemeriksaan, bahkan hal itu dilakukan setiap hari dalam pekan-pekan ini.

“Setiap hari ada pemeriksaan,” kata Ranu singkat saat dikonfirmasi melalui pesan elektronik/WhatsApp (WA), Rabu (1/6/2020) sore.

Begitu pula ditegaskanya jika perkara kasus dugaan korupsi terkait kegiatan pembelian biji timah kadar rendah atau sisa hasil produksi (SHP/Trak) mencapai ratusan ton sejak tahun 2018 hingga 2019 saat ini masih tahap penyidikan.

Terkait perkara ini sebelumnya penyidik Pidsus Kejati Babel sempat meminta keterangqn dan memeriksa sejumlah pegawai BUMN (PT Timah TBK) termasuk mantan Kepala Unit Tambang Laut Bangka (Ali Samsuri) dan seorang pegawai lainnya yakni Andika.

Selain itu tim penyidik Pidsus Kejati Babel pun sempat pula memerikaa seorang pengusaha timah asal Jebus, Kabupaten Bangka Barat, Agat diduga sebagai pemasok biji timah ke PT Timah Tbk.

Sementara informasi yang berhasil dihimpun tim reporter spotberita.com di lapangan diketahui, sebelum perkara kasus ini naik ke penyidik Pidsus Kejati Babel, jika manajemen PT Timah TBK sempat memanggil sejumlah mitra perusahaan pemasok biji timah.

Kabarnya terkait pemanggilan tersebut guna menyelesaikan persoalan pembelian biji timah dari para mitra perusahaan .PT Timah. Sementara infomasi yang diketahui sedikitnya ada tiga perusahaan dipanggil oleh manajemen PT Timah guna membahas secara internal.

Dari penelusuran yang dilakukan oleh tim reporter media ini jika sejumlah biji timah berkadar rendah dipasok oleh para mitra perusahaan BUMN ini yakni terdapat di gudang Baturusa dan Tanjung Gunung.
Rabu (1/6/2020) sore tim nedia ini sempat mencoba meninjau lokasi gudang PT Timah di kawasan Tanjung Gunung, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah.

Kawasan gudang di lokasi itu terlihat dijaga ketat oleh petugas keamanan di pos pintu masuk utam menuju gudang PT Timah.

Namun sayangnya tim media ini tak banyak mendokumentasikan kondisi gudang PT Timah setempat lantaran waktu sudah menjelang.

Meski begitu tim media berhasil mendolumentasi beberapa bagian sisi lokasi.gudang tersebut. (Ian)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close