Kukuhkan Kepala Perwakilan BKKBN Babel, Pj Gubernur Suganda Harapkan Sinergitas untuk Turunkan Stunting

PANGKALPINANG – Spotberita.com Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Suganda Pandapotan Pasaribu, resmi mengukuhkan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kep. Babel MHD Irzal, SE, MM, di Ruang Mahligai Rumah Dinas Gubernur, Selasa (18/7/23) sore.

Dalam momen pengukuhan ini, stunting atau gizi buruk kronis menjadi isu yang mendapat perhatian serius. Penurunan stunting menjadi salah satu program prioritas nasional, dimana BKKBN ditunjuk sebagai ketua pelaksana percepatan penurunan stunting dan mendapat mandat untuk menurunkan angka stunting di Indonesia.

Diketahui, melalui Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Prov. Kep. Babel), menunjukkan angka prevalensi stunting yang menurun sebanyak 0,1% dari 18,6 pada tahun 2021, menjadi 18,5 pada Tahun 2022.

“Ini menunjukkan kinerja penurunan stunting belum begitu maksimal, sehingga kerjasama dan kolaborasi lintas sektoral dalam penanganan percepatan penurunan stunting perlu lebih ditingkatkan lagi,” ujar Pj Gubernur Suganda.

Dirinya percaya, Kepala Perwakilan BKKBN yang baru dapat mengemban amanah dengan baik, melaksanakan sinergitas pelaksanaan Program Bangga Kencana dan percepatan stunting, sehingga sasaran kinerja program dapat tercapai secara optimal.

Program Bangga Kencana sebagai sasaran kerja utama Perwakilan BKKBN Prov. Kepulauan Babel harus dicapai hingga akhir tahun 2023. Dalam percepatan penurunan stunting, Bangka Belitung ditargetkan dalam RPJM Nasional harus mencapai angka prevalensi stunting untuk tahun 2023 sebesar 18% dan 14% pada tahun 2024.

“Untuk itu, waktu kita hanya tinggal satu tahun lagi, strategi pelaksanaan Program Bangga Kencana dan percepatan penurunan stunting tahun 2023 di Bangka Belitung harus disusun dan dikembangkan dalam bentuk operasional nyata serta memiliki output yang terukur,” jelasnya.

“Oleh karena itu, dengan dikukuhkannya Kepala Perwakilan BKKBN yang baru, mari kita perkuat sinergitas, akselerasi, serta komitmen bersama antara pemangku kebijakan (pemerintah), perguruan tinggi, pelaku usaha, masyarakat, media dan perbankan dalam peningkatan penggerakan Program Bangga Kencana dan percepatan penurunan stunting di seluruh tingkatan wilayah,” pungkasnya.

Sementara, Kepala BKKBN RI yang diwakili oleh Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian, dan Pengembangan, Prof. Muhammad Rizal Martua Damanik dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada Provinsi Kep. Babel, yakni Pj Gubernur dan semua pihak, yang menunjukkan komitmen dalam mendukung Program Bangga Kencana, serta percepatan penurunan stunting di Bangka Belitung.

Termasuk partisipasi dalam mendukung dan mensukseskan pelaksanaan pemutakhiran pendataan keluarga tahun 2023 yang sedang berlangsung sejak tanggal 1 – 31 Juli 2023.

Provinsi Kep. Babel dikatakannya, sesuai dengan target KK yang di data sebanyak 163.275 KK. Dan sampai hari ini, tanggal 18 Juli 2023, Provinsi Kep. Babel sudah mendata sebanyak 69,31% atau 113.166 KK.

“Sehingga, Provinsi Kep. Babel menduduki peringkat tertinggi nasional dalam progres pemutakhiran pendataan keluarga sampai saat ini. Dan semoga dengan sisa waktu dua minggu, yakni sampai tanggal 31 Juli 2023, Bangka Belitung bisa mencapai 100 persen KK yang didata,” ungkapnya.

Turut hadir dalam acara pengukuhan Kepala Perwakilan BKKBN diantaranya, Ketua Pj. TP PKK Prov. Kepulauan Babel, Kepala BKKBN RI diwakili Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan BKKBN, Forkopimda Prov. Kep. Babel, Plh Sekda, Kepala Dinas/Instansi Vertikal, Kepala OPD di Lingkungan Pemprov Kepulauan Babel, dan mitra kerja Program Bangga Kencana,Spitberita.com sumber DISKOMINFO PROV KEP BABEL.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *