Lanal Babel Laksanakan latihan Sea Survival dan Search And Rescue

.

BANGKA, SpotBerita – Pangkalan TNI AL (Lanal) Bangka Belitung (Babel) melaksanakan Latihan Sea Survival dan Search And Rescue (SAR), diikuti oleh anggota Lanal Babel bekerja sama dengan Basarnas Prov. Kep. Babel di Mako Lanal Babel Belinyu Kabupaten Bangka, Rabu (24/6/ 2020).

Kepada Pers Lanal Babel, Danlanal Babel Kolonel Laut (P) Dudik Kuswoyo SE M.Tr.Hanla mengatakan bahwa kegiatan Latihan Sea Survival dan SAR berkerjasama dengan Basarnas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Prov Kep Babel).

“Latihan yang kita laksanakan ini bekerja sama dengan Basarnas Prov.Kep.Babel akan dilaksanakan secara rutin, disamping itu kita sebagai Prajurit TNI AL wajib memahami dan menguasai pengetahuan untuk penyelamatan di air dan bertahan hidup di air ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan,” kata Danlanal Babel, Rabu (24/6/2020).

Diharapkannya, setelah diadakan pelatihan ini, agar peserta benar-benar memahami dan dapat mengaplikasikannya, “maka dari itu kita harus dapat manfaatkan pelatihan ini dengan penuh semangat dan serius,” kata Danlanal Babel saat meninjau di dermaga Pelindo Pelabuhan Tanjung Gudang-Belinyu.

Menurut Danlanal, latihan ini dilakukan setiap triwulan untuk mengasah keterampilan prajurit TNI Angkatan Laut dalam sea survival [bertahan hidup di lautan] dan SAR yang harus dimiliki semua personil. “Hal ini untuk pertahanan sekaligus insting dalam penyelamatan di laut,”terangnya.

Ditambahkannya selain itu, tugas Angkatan Laut sebagai disamping sebagai pertahanan Negara sekaligus sebagai pengawas serta mengamati dan membawa perangkat untuk aktivitas di laut, maka keterampilan sea survival dan SAR harus bisa dikuasai agar bisa menolong diri dan orang lain yang memerlukan pertolongan di laut, walau Tim SAR sudah ada..

“Tak kalah penting, dalam kesempatan ini agar semua personil tetap menjaga kekompakan,” tegasnya. .

Adapun materi yang disampaikan antara lain Tim Kesehatan Lanal Babel menyampaikan Evakuasi dasar, Praktek evakiasi dasar dan Penanganan kegawatdaruratan Oksigenasi.

Basarnas Prov. Kep. Babel menyampaikan materi
Pertolongan di air, Self Rescue dan Sea Survival di perairan sekitar Pelabuhan Tanjung gudang Belinyu..

Tampak yang hadir dalam kegiatan tersebut, Danlanal Babel, Palaksa Lanal Babel, Tim Basarnas Prov. Kep. Babel Siswanto (Rescuer Mahir), Yogi dan perwira staf Lanal Babel serta prajurit Lanal Babel. (*/Penlanal Babel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *