Bangka

LSM Peduli Masyarakat Pesisir Tetap Konsisten Perjuangan Masyarakat

Foto : Sekretaris LSM PMP Sungailiat, Andri Lesmana saat aksi demo terkait kegiatan kapal isap pasir Pulomas Sentosa di perairan Jelitik Sungailiat. (Ian)

BANGKA,SpotBerita – Sampai saat ini Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Peduli Masyarakat Pesisir (PMP) Sungailiat tetap konsisten terhadap upaya perjuangan untuk kepentingan masyarakat Pesisir di Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka.

Demikian hal itu disampaikan langsung oleh sekretaris LSM PMP Sungailiat, Andri Lesmana kepada reporter spotberita.com, Minggu (7/11/2020) di Sungailiat.

Namun tak dipungkiri olehnya saat ini berhembus kabar tak sedap di kalangan masyarakat jika sejumlah kasus di wilayah Sungailiat diantaranya kasus alur muara Air Kantung Sungailiat maupun pro kontra kegiatan kapal isap produksi (KIP) rentan ditunggangi segelintir oknum LSM maupun Ormas demi kepentingan pribadi atau kelompok.

“Nah inilah tantangan di kalangan masyarakat kita saat ini. Sebetulnya jika kita mau bicara jujur keberadaan LSM atau Ormas itu kan semestinya berpihak kepada masyarakat atau mencari solusi yang terbaik agar tidak ada pihak merasa dirugikan dan bukan sebaliknya. Nah ini sangat miris!,” ungkap Andri Lesmana didampingi pengurus LSM PMP Sungailliat lainnya.

Foto : Andri Lesmana (kanan) pose bersama. Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah usai melakukan audiensi di kantor Gubernur Babel belum lama ini terkait persoalan kinerja PT Pulomas Sentosa. (Ian)

Lebih mirisnya lagi menurutnya saat ini ada segelintir oknum nekat ‘bermain’ dalam konflik masyarakat Pesisir Sungailiat khususnya persoalan pro kontra KIP yang bakal beroperasi di wilayah perairan Matras, Sungailiat.

Oleh karenanya ia lagi-lagi mengingatkan khususnya kepada para aktifis LSM atau Ormas yang ada di wilayah Kabupaten Bangka agar tetap konsisten dalam menjalankan misi dan visi lembaga atau pun organisasi masing-masing tanpa mesti ‘melacurkan’ diri untuk kepentingan pribadi atau kelompoknya.

“Hendaknya kita sadar sebagai pegiat atau aktifis LSM maupun Ormas. Kita ini pada dasarnya adalah berasal dari masyarakat ya setidaknya jangan pernah mengabaikan kepentingan masyarakat kita sendiri,” tegasnya.

Namun begitu ditegaskannya lagi jika di lembaganya sendiri pun (LSM PMP Sungailiat) sampai saat ini tak luput ia tegaskan agar tidak mencoba ‘bermain’ dalam kepentingan konflik di kalangan masyarakat Pesisir Sungailiat.

“Saya tetap mengingatkan kepada kawan-kawan di lembaga kita (LSM PMP Sungailiat — red) untuk konsisten dalam menjalankan misi dan visi lembaga. Jangan pernah ada yang menyimpang. Karena semua itu tanggung jawab moral kita kepada masyarakat,” tegas Andri.

Sebaliknya jika ada pengurus LSM PMP Sungailiat yang berani mencoba untuk ‘bermain’ dalam pusaran konflik di kalangan masyarakat Pesisir saat ini baik itu masalah pro kontra KIP Matras maupun persoalan kegiatan normalisasi alur muara Air Kantung Sungailiat maka konsuekuensi moralnya yakni harus hengkang dari lembaga tersebut (LSM PMP Sungailiat).

Diterangkannya lagi, keberadaan LSM PMP Sungailiat di tengah-tengah masyarakat Sungailiat tak lain sebagai wadah komunikasi masyarakat Pesisir di Kecamatan Sungailiat dalam upaya secara bersama dalam mencari solusi demi kesejahteraan masyarakat.

“Nah kalau ada ada pihak-pihak atau oknum yang mengatasnamakan LSM PMP Sungailiat bermaksud untuk bermain dalam konflik di masyarakat segera sampaikan ke saya guna diklarifikasi,” tegas Andri seraya menambahkan jika untuk komunikasi dan informasi seputar lembaganya bisa menghubungi ke nomor 081271088875. (Ian)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close