Bangka

Masa Pandemi Covid-19, Di Belinyu Malah Digelar Turnamen Bola ‘Bupati Cup’

Foto : Para pemain bola sedang berlaga di lapangan hijau Belinyu tanpa gunakan masker. (Ist)

BANGKA,SpotBerita – Pemerintah Republik Indonesia (RI) melalui Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto menerbitkan Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 tentang Protokol Kesehatan bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum. Keputusan ini disahkan pada 19 Juni 2020 lalu.

Tak sebatas itu, bahkan pemerintah pun menghimbau agar masyarakat senantiasamenerapkan Physical Distancing selain menghindari tempat keramaian maupun kerumunan orang-orang.

Hal tersebut bertujuan dengan maksud guna mencegah terjadinya penularan covid-19 terhadap masyarakat. Bahkan seorang anggota tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 pusat, Reisa Broto Asmoro sempat mengingatkan jika kegiatan olah raga berkelompok dan di tempat umum justru menurutnya akan berdampak atau berpotensi resiko tinggi terpapar covid-19.

Sementara itu di provinsi kepulauan Bangka Belitung, tepatnya di kota Belinyu, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka justru saat ini sempat digelar kegiatan pertandingan sepak bola memperebutkan trophy bupati Bangka dalam even Open Turnamen Bupati Cup 2020.

Foto : Tim kesebelasan sepak bola pose bersama di lapangan hijau Belinyu. (Ist)

Informasi yang berhasil dihimpun tim reporter spotberita.com di lapangan menyebutkan jika kegiatan pertandingan sepak bola ini ( Open Turnamen Bupati Cup) tahun ini justru telah berlangsung hampir satu bulan lebih.

Bahkan info terkini pun menyebutkan giat pertandingan sepak bola ini telah mendapat ijin resmi dari pemerintah daerah termasuk intansi berwenang serta aparat kepolisian, dan pertandingan ini pun selama bertempat di lapangan hijau Belinyu, Bangka dan bakal digelar kembali, Minggu (4/10/2020) siang sekitar pukul 15.00 WIB.

Foto : Surat yang diterbitkan oleh ketua tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kab Bangka. (Ist)

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka, M Nursi saat dikonfirmasi terkait kegiatan pertandingan sepak bola digelar di Belinyu, Bangka justru tak dibantahnya.

“Iya sudah dimulai pada tanggal 8 Agustus 2020 tadi,” jawab Nursi dalam pesan singkatnya What’s App (WA), Minggu (4/10/2020) siang.

Saat disinggung lebih jauh pada masa pandemi covid-19 saat ini apa yang menjadi alasan kegiatan ptandingan sepak bola ini diberikan ijin oleh pemerintah daerah padahal kondisi ini relatif riskan adanya pelanggaran protokol kesehatan.

Foto : Surat pernyataan penanggung jawab kegiatan Open Turnamen Bupati Cup 2020. (Ist)

Namun Nursi tak menjawab, sebaliknya ia cuma menerangkan singkat perihal pelaksanaan teknis pertandingan sepak bola di Belinyu menurutnya diatur oleh pihak panitia penyelenggara.

“Diatur oleh panitia pelaksana,” terangnya seraya menambahkan jika kegiatan pertandingan bola tersebut dapat meminta keterangan dari pihak panitia penyelenggara.

Foto : Hampir satu bulan lebih kegiatan Open Turnamen Bupati Bangka Cup digelar di lapangan hijau Belinyu. (Ist)

Jubir tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra justru tak banyak berkomentar terkait kegiatan pertandingan bola (Open Turnamen Bupati Cup).

Sebaliknya Boy mengaku jika kegiatan Open Turnamen Bupati Cup digelar di Belinyu itu menurutnya telah mendapat ijin dari pemerintah daerah namun tetap menerapkan protokol kesehatan.

Foto : Olah raga berkelompok sangat rentan terjadinya kontak fisik. Terlebih dalam kegiatan cabang olah raga sepak bola. (Ist)

“Pakai prtokol kesehatan ada izin ketua gugus covid-19 bupati Bangka,” kata Boy saat dihubungi melalui pesan singkat (WA), Minggu (4/10/2020) siang.

Begitu pula Kapolres Bangka AKBP Widi Hariawan pun mengiyakan jika di Belinyu saat ini sedang digelar kegiatan pertandingan bola (Open Turnamen Bupati Cup).

“Sudah dari kemarin dan sudah diminta berhenti oleh kapolsek n camat karena covid meningkat,” kata Kapolres Bangka singkat.

Hal senada diungkapkan pula oleh camat Belinyu Sarly Noprianto saat dikonfirmasi oleh tim media spotberita.com, Minggu (4/10/2020) siang.

“Akan stop dl sementara mulai besok. Karena covid sudah mulai tinggi lagi yg positif di Kabupaten Bangka,” kata Sarly.

Kembali disinggung soal adanya informasi kegiatan pertandingan sepak bola ini pun rencananya kembali akan digelar di lapangan hijau Belinyu, Minggu (4/10/2020) sore,. Namun hal itu tak ditampiknya.

“Hari ini terakhir pertandingannya,” terang camat ini.

Lain halnya saat tim reporter spotberita.com mencoba mengkonfirmasi terkait kegiatan pertandingan bola di Belinyu, Kapolsek Belinyu AKP Ricky Dwiraya Putra justru tak membalas alias ‘bungkam’ saat dikonfirmasi melalui pesan WA., Minggu (4/10/2020) siang.

Sebelumnya tim reporter spotberita.com sempat mengkonfirmasi perihal kegiatan pertadingan bola (Open Turnamen Bupati Cup) ke seorang anggota DPRD Bangka dapil Belinyu, Ramadian. Namun sayangnya wakil rakyat ini justru terkesan enggan berkomentar lebih jauh.

“Iya bg tpi skrng dapt intruksi dri kapolres untuk dihentikan,” jawab anggota dewan ini dalam pesan singkatnya (WA), Minggu (4/10/2020) siang.

Hal serupa saat tim reporter spotberita.com mencoba mengkonfirmasi Koordinator Tim Relawan Pemantau ODP/ PDP dan Peneggakan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 Kabupaten Bangka, Ujang Supriyanto justru tak banyak berkomentar.

Sebaliknya aktifis relawan ini menjawab datar dan malah menanya balik perihal bagaimana pernyataan dari jubir tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra.

“Tanya pak Boy apa komentar beliau?,” kata Ujang dalam pesan singkat yang diterima, Minggu (4/10/2020) siang.

Bupati Bangka, Mulkan mengatakan kegiatan pertandingan sepak bola (Open Turnamen Bupati Cup) itu menurutnya diberikan ijin oleh pemerintah daerah lantaran alasan pada bulan Juli 2020 lalu justtru di Kabupaten Bangka kondisi baik saat masa pandemi covid-19.

“Karena 1 Juli kemaren kab.Bangka sdh kondisi baik bahkan sudah zero sedangkan kejuaraan sepak bola bupati cup 2020 akan dilaksanakan bulan pebruari 2020 tetapi bln maret adanya wabah covid 19 sehingga kami tunda sampai kondisi memungkin sehingga bln agustus 2020 kt laksanakan,” kata Mulkan dalam pesan singkatnya, Minggu (4/10/2020) siang.

Sejauh ini pihak panitia penyelenggara masih diupayakan dikonfirmasi terkait kegiatan penyelenggaraan pertandingan bola Open Turnamen Bupati Bangka Cup 2020 digelar pada masa pandemi covid-19.

Sebelumnya tim reporter spotberita.com sempat mengkonfirmasi salah satu panitia, Acu, Minggu (4/10/2020) siang namun sayangnya belumlah ada jawaban. (tim)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close