Nasional

Mengenal Sosok Ketua KPK Terpilih Irjen Pol Firli Semasa SMA Dulu

Foto : Irjen Drs Pol Firli Bahuri MSi saat hadir dalam acara reuni emas menyempatkan diri pose bareng para sahabatnya. (Istimewa)

PALEMANG,SpotBerita – Mungkin sebagian besar masyarakat di Indonesia tentunya belumlah mengenal sosok jenderal bintang dua (Irjen Pol) kini terpilih sebagai pimpinan di lembaga anti rasua (KPK) untuk periode 2019-2024.

Sebelum terpilih sebagai ketua KPK saat ini, Irjen Drs Pol Firli Bahuri MSi sempat menjabat selaku Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) dan bulan Desember 2019 mendatang jabatan sebagai Kapolda Sumsel akan berganti memimpin lembaga anti rasua.

Meski begitu tak pula banyak publik mengetahui seputar jejak perjuangan hidup jenderal polisi satu ini ternasuk teman-temannya semasa Firli masih duduk di bangku SMA.

Sekedar diketahui, Firli sendiri berasal dari Dusun Lontar, Muara Jaya, OKU – Sumsel ini malah tidak populer di kalangan teman waktu ia masih duduk di bangku SMA lantaran
kesehariannya rutin di dalam kelas atau perpustakaan sekolah.

“Firli itu tidak ada dalam daftar teman-teman yang biasa nongkrong di kantin sekolah maupun di warung Asuk (pedagang pempek — red), mungkin karena terkesan acuh walau sesungguhnya ramah, rajin belajar,” ujar salah seorang teman sekolahnya kini menjabat selaku ketua umum Assosiasi Sales Travel Indonesia (ASATI) juga tergabung dalam IMO-Indonesia saat diwawancarai wartawan belum lama ini ketika menghadiri kegiatan reuni emas SMA Negri 3, jalan Jendral Sudirman KM 3,5 Palembang Sumsel, Sabtu  (19/10/2019).

Meski begitu diakuinya jika Firli memiliki pendirian yang kuat, sehingga tidak dapat dipengaruhi ajakan ‘nakal’ teman-teman sebaya, seperti minggat (bolos di jam pelajaran sekolah) apalagi liga (nonton ke bioskop saat jam pelajaran sekolah).

Belakangan sekitar 2012 Firli muncul kembali setelah puluhan tahun tidak berjumpa, komunikasi dapat terhubung dengan teman dekatnya, M Nasir Hasyim (seorang pengusaha reklame di Jakarta), dan melalui Nasir ini berikut teman lainnya dapat terkumpul saat syukuran anak beliau di kediamannya, kawasan Bekasi.

Sejak itu komunikasi terus terjalin bahkan Firli pun menyempatkan diri berkumpul bersama teman-temannya di Kota Bandung.

“Ketika Firli menjabat waka Polda Banten 2014 kami pun diundang kumpul di Anyer. Bahkan teman-teman berencana mau ke Lombok saat beliau menjabat Kapolda NTB, tetapi tidak kesampaian karena keburu pindah tugas di Jakarta,” ungkap Nasir.

Begitu pula saat menjabat Kapolda Sumsel, disela kesibukannya Firli tetap mengundang teman seangkatan alumni 1982 beberapa waktu lalu dan ide besar muncul untuk reuni emas 50 tahun SMA N 3 Palembang.

Firli yang semasa SMA terkesan minder dan acuh ternyata beliau sahabat yang hangat dan perhatian dengan teman sehingga banyak teman-teman yang hadir saat dia mengadakan jamuan makan malam 19 Oktober 2019 baru lalu, bahkan semua angkatan hadir kerumah kediaman beliau.

“Sebagai teman semasa SMA kami merasa bangga mempunyai sahabat yang sukses dan menjadi panutan, semoga amanah mengembat jabatan lebih baik,” harap sahabat Firli dekat Firli ini, Syukri Machmud. (*/red)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close