Bangka

Mensyukuri Hasil Panen Padi Warga Dusun Bukit Tulang Gelar Pesta Adat Nuju Jerami

Foto : Para warga Dusun Bukit Tulang, Belinyu saat merayakan pesta adat Nuju Jerami. (Elvianti)
BANGKA,SpotBerita – Adat istiadat adalah perilaku budaya dan aturan-aturan yang telah berusaha diterapkan dalam lingkungan masyarakat.
Adat istiadat merupakan ciri khas suatu daerah yang melekat sejak dahulu kala dalam diri masyarakat yang melakukannya.
Seperti halnya adat istiadat sampai saat ini masih tetap terus dilaksanakan oleh masyarakat yang menetap di kawasan Dusun Bukit Tulang, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka yakni merayakan pesta adat Nuju Jerami.
Pesta adat Nuju Jerami adalah salah satu pesta adat dan acara adat ini dilakukan sesungguhnya tak lain bertujuan untuk meneruskan budaya leluhur dari nenek moyang dan sebagai tanda rasa syukur warga Dusun Bukit Tulang terhadap hasil panen padi.
“Kami menggelar pesta Nuju Jerami ini untuk meneruskan budaya nenek moyang dan para leluhur terdahulu, serta sebagai rasa syukur kami terhadap panen padi, dan kami juga berharap supaya nantinya pesta adat ini akan terus dilakukan oleh anak cucu-cucu kami nanti,” ujar Pemangku Adat Dusun Bukit Tulang, Munir belum lama ini ditemui reporter SpotBerita.com, Minggu (28/04/2019).
Seperti sebelumnya, prosesi acara adat pesta Nuju Jerami diawali dengan pembacaan doa Adat yang dipimpin oleh seorang Pemangku Adat Dusun Bukit Tulang, Munir.
Doa yang dibacakan Pemangku Adat ini bertujuan untuk memperkuat keimanan, menambah rezeki, keselamatan, dan diberikan panjang umur kepada warga Dusun Bukit Tulang.
Setelah itu, acara pun dilanjutkan dengan penampilan perguruan pencak silat Karang Lintang asal kecamatan Belinyu, Bangka.
Saat acara pesta Nuju Jerami ini sempat pula dihadiri oleh Bupati Bangka, Mulkan namun diwakili oleh  pejabat SAB bidang politik dan pemerintahan, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka, Camat Belinyu, dan mahasiswa/i Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddiq Bangka Belitung yang kebetulan sedang mengadakan kegiatan Safari Dakwah sejak tanggal 26-28 April 2019.

Zulkarnain Idrus selaku pejabat SAB Bidang Politik dan Pemerintahan Kabupaten Bangka mewakili Bupati Bangka dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa adat Nuju Jerami harus dilestarikan dan dikelola dengan baik secara berkelanjutan serta kegiatan ini akan memperkuat tali silaturahmi

“Adanya kegiatan ini akan memperkuat tali silaturahmi dan ikatan emosional kita semua, memantapkan harmonisasi, mengembangkan kehidupan yang saling membantu, menolong dan saling bergandengan tangan dalam melestarikan potensi budaya daerah,” ujar Zulkarnain Idrus.

Setelah itu, acara pun dilanjutkan dengan doa dan para tamu undangan pun diperkenankan langsung mencicipi hidangan yang telah disediakan dan diiringi oleh musik dambus dari Dusun Bukit Tulang, Belinyu. (Elvianti)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close