Pangkalpinang

Meriahkan HUT Bhayangkara Ke-73 Komunitas Jurnalis Bangka Gelar Expedisi Pulau Lepar Pongok

Foto :  Seorang sesepuh suku Sawang (suku orang laut), Patman (67) memperagakan atraksi ritual adat Buang Jung belum lama ini di Desa Kumbung, Kec Lepar Pongok, Kab Bangka Selatan. (M Habib)

PANGKALPINANG,SpotBerita – Sekitar puluhan para pegiat pers dari berbagai media massa cetak, elektronik dan media online berencana akan menggelar kegiatan ekpedisi (perjalanan) ke pulau Lepar Pongok (Lepong), di Kecamatan Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan (Basel).

Kegiatan tersebut rencananya akan dilaksanakan selama 3 hari, dimulai Jumat (19/7/2019) hingga berakhir Minggu (21/7/2019) nanti.

Foto : Kades Tanjung Sangkar, Iswandi Sastra (kanan) mendengarkan gendang yang ditabuh oleh sesepuh suku Sawang (Patman) di sela-sela gladi resik sehari sebelum pelaksanaan acara. (M Habib)

Ryan Augusta Prakasa selaku ketua panitia pelaksana (Panpel) kegiatan Journalist Lepong Island Expedition 2019 mengatakan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Komunitas Jurnalis Bangka itu merupakan wujud apresiasi para pegiat pers dalam rangka HUT Bhayangkara ke-73 tahun 2019 ini.

“Hal ini tak lain bertujuan guna menjalin kemitraan yang lebih erat lagi antara Pers dan Polri dan masyarakat yang selama ini telah terjalin dengan baik,” ujar Ryan dalam siaran persnya, Kamis (18/7/2019).

Foto : Miniatur kapal kayu ini digunakan saat acara ritual adat Buang Jung suku Sawang. Kapal ini berisi sejumlah makanan dan saat acara dilepaskan di tengah laut. (M Habib)

Dipaparkan Ryan lebih lanjut, dalam kegiatan tersebut rencananya para rombongan jurnalis akan diberangkatkan ke pulau Lepong, Basel, Jumat (19/7/2019) besok dari Kota Pangkalpinang.

“Rombongan jurnalis besok (Jumat, 19/7/2019) pagi sekitar pukul 09.00 WIB diberangkatkan menggunakan bus namun sebelumnya mereka berkumpul di taman Bhay Park Polda Kep Bangka Belitung,” terangnya.

Foto : Kapolsek Lepar Pongok, Ipda Suman Sirait SH bersama pihak pemdes menggar rapat  di kediaman Kades Tanjung Sangkar guna menyambut kedatangan para rombongan jurnalis.
(M Habib)

Selanjutnya, sebelum menyeberang pulau Lepong, rombongan jurnalis diperkirakanya siang itu akan tiba di Kota Toboali, Basel sekaligus diberikan waktu untuk istirahat dan makan siang serta waktu untuk beribadah.

“Setiba di Toboali rombongan diberikan waktu selama 1 jam untuk  istirahat dan makan siang serta waktu untuk sholat bagi umat muslim. Sekaligus dalam kesempatan siang,” ujarnya.

Foto : Seorang reporter SpotBerita.com saat mewancarai sesepuh suku Sawang Desa Kumbung (Patman). (M Habib)

Lanjutnya, usai istirahat rombongan pun melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan Sadai, Basel guna untuk persiapan penyeberangan menggunakan kapal laut ke pulau Lepar yang akan menempuh waktu perjalanan paling lama sekitar 10 menit.

Setiba di pulau Lepar nanti, rombongan disambut langsung Kapolsek Lepong beserta jajarannya, camat Lepong termasuk pihak pemerintah desa setempat serta disambut pula kesenian daerah setempat.

Dalam kegiatan kunjungan ke pulau Lepar ini para rombongan jurnalis nantinya akan melakukan berbagai rangkaian kegiatan diantaranya dialong dengan Kapolsek Lepong, Ipda Suman Sirait SH, dan pihak pemerintah desa setempat di pulau Lepar termasuk dengan warga.

“Dalam dialog dengan pihak pemerintah desa dan warga di pulau Lepar nanti para jurnalis akan menyerap aspirasi masyarakat desa setempat guna dituangkan dalam pemberitaan demi kemajuan desa tersebut,” jelas Ryan.

Selain itu, dalam program atau rangkaian ekpedisi para jurnalis ini, akan dilaksanakan pula kegiatan ekplore potensi daerah atau destinasi wisata yang terdapat di pulau setempat termasuk melakukan ke sejumlah pulau-pulau kecil yang masuk dalam wilayah kecamatan Lepong, Basel.

“Nanti dalam kunjungan ke pulau-pulau kecil di sekitar pulau Lepar Pongok itu menjadi bahan tulisan para jurnalis guna mengupas sekaligus mempromosikan wisata daerah di Kabupaten Bangka Selatan itu,” tegasnya.

Sementara itu, kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bangka Selatan, Haris justru menyambut baik terkait kegiatan Journalist Lepong Island Expedition 2019 tersebut.

“Kami menyambut positip atas rencana kegiatan para rombongan jurnalis ke pulau Lepar nanti. Terlebih di wilayah Kabupaten Bangka Selatan ini banyak sekali potensi daerah yang belum tergalih dengan maksimal,” ungkap Haris.

Oleh karenanya ditegaskan Haris berharap rekan-rekan media nanti dapat membantu mempromosikan potensi daerah di wilayah Kabupaten Basel.

Begitu pula Kapolsek Lepar Pongok, Ipda Suman Sirait SH pun menyambut baik terkait kunjungan rombongan jurnalia ke pulau Lepar nanti.

“Ini merupakan apresiasi yang sangat positip dari kawan-kawan media dalam menjalin kemitraan antara Pers dan Polri. Saya mengucapkan banyak terima kasih,” ucap Sirait saat dihubungi melalui sambungan telepon selulernya, Rabu (18/7/2019) malam.

Bahkan dikatakanya, pihak Polsek setempat pun termasuk pihak pemerintah desa-desa setempat telah menggelar rapat khusus guna mempersiapkan acara menyambut kedatangan para rombongan jurnalis  ke pulau Lepar.

“Kami saat ini sedang menggelar rapat guna mempersiapkan menyambut kedatangan para rombongan jurnalis ke pulau Lepar nanti, mudah-mudahan kegiatan berjalan lancar,” harapnya.

Hal serupa diungkapkan kepala desa (Kades) Tanjung Sangkar, Iswandi Sastra. Bahkan pihaknya telah mempersiapkan segala sarana dan fasilitas bagi para rombongan jurnalis nanti ketika berkunjung ke desanya.

“Kami sangat berterima kasih jika nanti didatangi ke desa kami ini (Tanjung Sangkar – red) dari kawan-kawan media. Sebab selama ini desa kami jarang terekpos ke luar pak. Padahal banyak potensi wisata yang ada di wilayah desa kami ini,” ungkap Kades ini yang dikenal ramah dan dekat dengan masyarakat, Kamis (18/7/2019) dihubungi melalui ponselnya. (M Habib)
Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close