Molen : Pelabuhan Barometer Perekonomian

Foto : Wali kota Pangkalpinang, Maulan Aklil. (Ist)

PANGKALPINANG,SpotBerita – Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen) menyebutkan, dengan pembangunan Pelabuhan Pangkalbalam yang baru tentu akan menambah semangat baru di Kota Pangkalpinang.

“Sebenar lagi akan hadir sebuah pelabuhan baru di Kota Pangkalpinang yang menjadi barometer perekonomian, penunjang dan pendorong tumbuhnya ekonomi di Kota Pangkalpinang khususnya dan di Bangka Belitung umumnya,” kata Molen, Selasa (22/12/2020).

Dia berharap, pembangunan pelabuhan terus berlanjut dan perhatian pemerintah pusat serta kerja sama dengan pihak ketiga agar dapat membangun pelabuhan yang menjadi kebanggaan semua masyarakat.

“Ini akan jadi pendongkrak, triger ekonomi di pulau Bangka Belitung kita ini,” sebutnya

Diketahui sebelumnya, Pemkot Pangkalpinang sudah menghibahkan aset tanah seluas 4,5 hektar untuk proses pengembangan kawasan tersebut.

“Setelah melalui proses yang cukup panjang, progresnya saat ini sudah sangat signifikan,” tutur Molen.

Dia, memang gencar mengupayakan pengembangan Pelabuhan Pangkalbalam di sekitar kawasan Jembatan Emas.

Karena pelabuhan lama menurutnya kurang efektif oleh terbatas buka-tutup jembatan dan kondisi pasang surut air laut yang menyebabkan aktivitas jalur laut ini kurang efektif.

“Terlebih ketika kondisi air laut surut, kapal akan sulit bersandar dan harus menunggu kondisi air laut pasang. Makanya kami berupaya untuk pengembangan pelabuhan baru ini, langsung ke laut lepas, tidak lagi menunggu pasang surut air laut. Jadi antrean kapal tidak lama,” jelas Molen.

Dia menyebut, Pemprov Babel semula mengarahkan pelabuhan ini berlokasi di kabupaten tetangga. (Zen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *