hukum & kriminalitas
Trending

Optimis Raih Predikat WBK &  WBM Pengadilan Pangkalpinang Permudahkan Layanan E-Court

 

PANGKALPINANG,SpotBerita – Pembangunan Zona Integritas (ZI) melalui dua tahap yaitu pencanangan Pembangunan Zona Integritas dan proses Pembangunan ZI menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah bersih melayani (WBM).

Pada tahap pencanangan yakni deklarasi/pernyataan dilaksanakan melalui  Penandatanganan Piagam Pencanangan Pembangunan ZI oleh Pimpinan unit kerja.

Kegiatan ini merupakan pernyataan bahwa  unitnya telah siap membangun ZI dan kegiatan pencanangan ini pun dilakukan oleh unit dan seluruh pegawai telah menandatangani dokumen pakta Integritas.

Tahapan selanjutnya yaitu proses pembangunan ZI menuju WBK/WBM yang merupakan tindak lanjut dari pencanangan pembangunan ZI. Terkait hal itu pula, tim evaluator Kemenpan RB, Rabu (6/11/2019)  melakukan kunjungan ke Pengadilan Negeri Kelas IB Pangkalpinang.

Kunjungan tim tersebut dipimpin oleh Astri bersama rombongan. Pantauan reporter SpotBerita.com saat itu di Pengadilan Negeri setempat tak banyak dilakukan oleh tim evaluator Kemenpan RB saat berkunjung di pengadilan setempat.

Tim saat itu hanya melakukan pengecekan langsung terkait kondisi ril di lapangan khususnya di lingkungan institusi setempat meski Asri sempat pula berdialog langsung dengan ketua Pengadilan Negeri Kelas IB Pangkalpinang, Sri Endang Amperawati Ningsih SH MH termasuk dengan sejumlah para hakim dan pegawai setempat.

Usai melakukan pengecekan terhadap sarana dan prasarana yang terdapat di institusi setempat termasuk menanyakan seputar penerapan layanan informasi publik di pengadilan setempat, Astri pun bersama rombongan berpamitan meninggallkan gedung pengadilan setempat.

Ketua Pengadilan Negeri Kelas IB Pangkalpinang, Sri Endang Amperawati Ningsih SH MH mengatakan jiika pihaknya sampai saat ini senantiasa berusaha meningkatkan pelayanan kepada publik serta meningkatkan kinerja di lingkungan pengadilan negeri setempat.

Terkait kunjungan tim evaluator Kemenpan RB saat itu justru dikatakan Sri hal itu dalam upaya proses penilaian terhadap pencanangan zona integritas menuju WBK/WBM yang diterapkan di lingkungan pengadilan yang dipimpinya saat ini atau dokumen yang telah dipresentasikan oleh ia sebelumnya.

“Jadi penilaian mereka (tim.evaluator Kemenpan RB — red) terkait dokumen-dokumen yang telah kami presentasikan sebelumnya dengan mengecek langsung ke pengadilan kita ini,” terang Sri kepada wartawan, Rabu (6/11/2019) ditemui di gedung pengadilan saat itu ia didampingi Humas Pengadilan Negeri Kelas IB Pangkalpinang, Hotma Sipahutar SH MH dan seorang hakim, Iwan Gunawan SH MH.

Tak hanya itu kiat-kiat yang dilakukan pihaknya dalam upaya mencapai target prolehan predikat WBK & WBM di insttusinya terus ditingkatkan antara lain yakni memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa kemudahan dalam mrngajukan permohonan gugatan perkara secara online.

“Di sini kan terdapat meja E-Court. Nah kalau seandainya ada masyarakat yang gak ngerti ya kita ajari atau dampingi cara meng-upload data,” tegasnya. (Yoza)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close