Foto : Para narasumber pose bersama usai acara Webinar. (Istimewa)

PANGKALPINANG,SpotBerita – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 tak lama lagi bakal digelar di sejumlah daerah termasuk di provinsi kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Kondisi tersebut tentunya seiring Indonesia saat ini dihadapi dengan pandemi covid-19, sehingga sampai saat ini pun pemerintah terus berupaya dalam menghadapi situasi tersebut termasuk persiapan dalam pelaksanaan Pilkada di sejumlah daerah.

Oleh karenanya sebagai bentuk peduli terhadap dalam pelaksanaan Pilkada tersebut pihak organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Provinsi kepulauan Bangka Belitung (Babel), Rabu(15/7/2020) menggelar kegiatan Webinar bertempat di kafe Tan Kastel, Kota Pangkalpinang.

Dalam kegiatan Webbinar ini pihak HMI Provinsi Babel menghadirkan beberapa narasumber yang berkompeten yakni Brigjen Pol Drs Umardani selaku Kepala SATGAS Nusantara dan juga kini menjabat sebagai Wakapolda Kepulauan Bangka Belitung dalam penyampaian materi ‘Suksesi Pilkada Serentak Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2020 di Tengah COVID-19’.

Selain itu, narasumber lainnnya Kombes Pol Sihar Matagu Manurung SH selaku Karo Ops Polda Babel dalam materi ‘Peran Polri Dalam Mengamankan Pilkada Serentak Guna Menciptakan Situasi Yang Aman dan Kondusif di Tengah Pandemi COVID-19’.

Tak cuma itu, bahkan dalam kegiatan ini pun menghadirkan pula narasumber lainnya, Davitri, SPd selaku, Ketua KPU Babel yang menyampaikan materi seputar ‘Konsep dan Startegi Penyelenggara Pilkada Serentak Dengan Mengedepankan Azas Demokrasi dan Protokol Kesehatan’.

Begitu pula Irawan SAg selaku ketua Bawaslu Babel dengan materi ‘Konsep dan Strategi Pengawasan Pilkada Serentak Disaat Situasi Pandemi COVID-19’.

Termasuk Mikron Antariksa, AKs M.Si selaku ketua sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepulauan Babel dengan materi ‘Sinergitas Gugus Tugas COVID-19 bersama Penyelenggara Pilkada dengan Mengoptimalkan Protokol Kesehatan di Tengah COVID-19’.

Selain itu pula narasumber lainnya yang hadir sebagai pemateri yakni Ibrahim SFil MSi dari kalangan Akademisi FISIP Universitas Babel dengan materi ‘Peranan Masyarakat Dalam Partisipasi Pilkada Serentak Disaat Situasi Pandemi COVID-19′.

Berikut Ari Satria SIP MSI selaku akademisi STISIPOL Pahlawan 12 Sungailiat Bangka yang juga selaku moderator dalam Kegiatan Webbinar HMI Babel.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh KBP. Daniel Victor Tobing, SIK selaku Direktur Intelkam Polda Kep. Babel dan AKBP Aris Sulistyono SH MH selaku Wadir Intelkam Polda Kep. Babel.

“Pentingnya mendukung pelaksanaan pemilukada selama pandemi covid-19 dan HMI siap mendukung pelaksanaan Pemilukada di Provinsi Kep Babel,” ujar Rizqi Khulafatu Shaidqi selaku Ketua Prov HMI Babel.

“Selain itu Polri akan melakukan himbauan terkait Protokol Kesehatan terhadap masyarakat akan melaksanakan hak suara dalam pemilihan kepala daerah di 4 Kabupaten di Provinsi Kep Babel,” tegas Brigjen Pol Umardani selaku Waka Polda Kep Babel.

Tim Gugus Tugas Penangan Covid-19 Prov. Kep. Babel akan selaku bersenergi dengan stakeholder pelaksana pemilu di daerah.

“Hal ini terkait dengan SOP Protokol Covid-19 sehingga pelaksanaan pesta Demokrasi bisa berjalan dengan lancar,” ujar Mikron Antariksa.

Sementara menurut ketua Bawaslu Babel, Irawan SAg mengatakan jika pihak Bawaslu Prov kep Babel akan senantiasa melaksanakan pengawasan pada di 4 Kabupaten yang ada di Provinsi Babel dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan.

Sementara itu seorang narasumber dari ademisi FISIP Universitas Bangka Belitung (UBB), Dr brahim, SFil M.Si mengatakan Pemilukada merupakan pesta demograsi namun pesta demograsi tahun 2020 bukan seperti bisa pada umumnya, tahun ini merupakan tahun yang terberat dalam pelaksanaan pesta demograsi khususnya di Prov. Kep. Babel.

Peran masyarakat dalam ikut serta mensukseskan pemilukada di 4 Kabupaten merupakan peran penting dikarenakan suksesnya pesta demograsi dinilai dari anusias masyarakat dalam menggunakan hak pilih,’ ujar Ibrahim yang kini menjabat selaku rektor UBB. (*/red)

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.