hukum & kriminalitas
Trending

Pengadilan Tinggi Babel Optimis Raih Predikat WBK & WBBM

 
 
PANGKALPINANG,SpotBerita – Zona Integritas (ZI) merupakan sebutan atau predikat yang diberikan kepada intansi/lembaga negara atau pun intansi pemerintah daerah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai niat (komitmen) untuk mewujudkan WBK dan WBBM melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Namun hal tersebut tentunya tidaklah mudah untuk.dicapai. Sebaliknya dibutuhkan proses serta kesiapan dari para SDM itu sendiri termasuk sarana dan prasarana pendukung yang terdapat di intansi/lembaga tersebut maupun di intansi setempat atau pemerintah daerah.
 
Layaknya intansi Pengadilan Tinggi Bangka Belitung (PT Babel) pun sampai saat ini tetap terus berbenah serta berupaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat di Babel.

Bahkan sebelumnya pihak PT Babel telah mencanangkan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK) & wilayah bersih melayani (WBM), dan saat ini pun pihak PT Babel menunggu proses hasil atau pencapaian target prolehan predikat WBK & WBM tersebut.

Oleh karenanya Rabu (6/11/2019) siang pihak PT Babel mendapat giliran dikunjungi tim evaluator Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) yang dipimpin oleh Astri selaku ketua tim.

Kedatangan tim evaluator Kemenpan RB saat itu pun disambut wakil ketua PT Babel Asnahwati SH MH, para hakim tinggi termasuk para pegawai lingkungan pengadilan setempat termasuk sekretaris PT Babel Sudiyono SH MH dan Humas PT Babel Lian Sibarani SH MH.

Astri didampingi asistennya saat berkunjung di PT Babel siang itu sempat melakukan pengecekan terhadap sarana peralatan komputer (media informasi) yang digunakan oleh para pegawai atau petugas kantor depan (front office).

Bahkan Astri pun sempat menanyakan pola informasi seputar agenda atau jadwal persidangan yang terdapat di layar monitor bagian kantor depan (front office) dalam gedung PT Babel.

Seketika itu pula wakil ketua PT Babel, Asnahwati SH MH berupaya memberikan penjelasan terkait pertanyaan yang dilontarkan ketua tim evaluator Kemenpan RB saat itu.

Astri pun sempat tertarik terhadap poster (baner) yang terpajang  di sekitar kantor depan tersebut. Poster baner itu bergambar atau foto seorang pegawai PT Babel, Mahfud Widi Pranoyo ST MH yang terpilih sebagai ‘Model of Change’.
 
 
Wakil ketua PT Babel, Asnahwati SH MH justru sangat berharap predikat WBK & WBM di PT Babel berhasil diraih, terlebih diyakininya jika selama ini dalam melaksanakan program guna menuju WBK & WBM di intansinya itu justru dapat direalisasikan oleh pihaknya secara maksimal.

“Seperti dalam menyelesaikan perkara jika aturannya paling lama empat bulan namun saat ini bisa dilakukan hanya selama satu bulan,” ungkap Asnahwati usai menerima kunjungan tim evaluator Kemenpan RB di gedung PT Babel, Rabu (6/11/2019).

Meski begitu diakuinya jika dalam upaya mencapai predikat WBK & WBM sesungguhnya menurut ia tidaklah mudah namun melalui tahapan-tahapan yang relatif lama serta dibutuhkan komitmen bersama baik pimpinan maupun para pegawai di jajaran intansi yang ia pimpin saat ini.

“Awalnya melalui proses penilaian internal atau dari Bapilum. Setelah itu barulah masuk ke Kemenpan RB melalui presentasi yang kita lakukan di sana termasuk hasil survay dari BPS. Nah barulah tim itu (Evaluatior Kemenpan RB — red) turun.

Selanjutnya hasil penilalai dari tim tersebut dirapatkan bersama lemnaga lainnya yakni KPK, Ombudsman termasuk pihak Kemenpan RB. Namun ia sendiri mengaku optimis jika nanti PT Babel bakal dapat meraih predikat WBK & WBM.
 
“Kita optimis apa yang kita lakukan selama ini bisa meraih sertifikat WBK & WBM itu,” harapnya.(Yoza)
Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close