Bangka Tengah

Peran Babinsa Desa Kebintik Koramil 413-09/Pangkalan Baru Monitoring Rapid Tes

Foto : Personil Babinsa Desa Kebintik, Serda Dodi Wijaya saat melakukan monitoring di lapangan. (Ist)

BANGKATENGAH,SpotBerita – Peran Babinsa TNI AD di tiap-tiap kecamatan hingga desa tak saja mengawasi situasi keamanan suatu wilayah, namun personil Babinsa tentunya sangatlah berperan penting di masa pandemi covid-19.

Seperti halnya personil Babinsa Desa Kebintik Koramil 413-09/Pangkalan Baru, Serda Dodi Wijaya, Rabu (19/9/2020) melakukan giat monitoring sekaligus pendampingan terkait pelaksaan rapid tes terhadap warga yang berada di gudang barang rongsokan di Desa Kebintik, Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah.

Gudang pengumpul barang rongsokan tersebut berada di lingkungan RT 01 Dusun Kebintik, Desa Kebintik milik warga setempat,Tama.

“Kita melaksanakan kegiatan rapid tes di lokasi ini karena secara rutin gudang barang rongsokan ini melakukan pengiriman barang – barang bekas ke Pulau Jawa m,” kata Camat Pangkalan Baru, Samsul Komar.

Bila seseorang tak menutup kemungkinan dengan mudah terpapar virus corona, bahkan sangat mungkin dapat terjadi karena pulau Jawa dan khususnya DKI Jakarta saat ini terjadi peningkatan pesat jumlah pasien yang terpapar virus corona.

“Bahkan salah satu sopir truk AS di lokasi ini dinyatakan Terkonfirmasi Asimtomatik (OTG) dari hasil Swab tes tanggal 13 September 2020 dan sekarang dirawat dan diisolasi di Balai Karantina uji BKPSDMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” kata dr Puji selaku kepala UPTD Puskesmas Pangkalan Baru juga sebagai ketua tim medis pada pelaksanaan rapid tes saat itu.

Diterangkannya, riwayat perjalanan AS sebagai sopir truk ekspedisi tersebut berdasarkan sumber pers realese Satgas Covid-19 Kabupaten Bangka Tengah sebagai berikut :

Pada tgl 07 September 2020 yang bersangkutan tiba di Bangka dari perjalan ke Jakarta mengantar muatan barang rongsokan.

Pada tgl 10 September 2020 A-S akan berangkat kembali ke Jakarta dan di Pelabuhan Pangkal Balam di lakukan rapid tes dengan hasil reaktif sehingga keberangkatan A-S di batalkan.

Tgl 13 September 2020 A-S di Swab tes dengan hasil Terkonfirmasi Asimtomatik ( OTG) yang di kategorikan sebagai kasus impor karena kurang dari 14 hari setiba dari Jakarta ke Bangka.

Terlihat hadir pada pelaksanaan rapid tes di gudang sdr Tama di Rt 01 Dusun Kebintik Desa Kebintik pada hari ini antara lain : Samsul Komar Camat Kecamatan Pangkalan Baru beserta 3 orang Satpol PP, dr Puji Kepala UPTD Puskesmas Pangkalan Baru beserta tim medis , Edi Herwanto Kades Kebintik, Jumri Ketua RT 01 Dusun Kebintik Desa Kebintik dan Serda Dodi Wijaya selaku Babinsa Desa Kebintik.

“Saya sudah laporkan ke Danramil 413-09/Pangkalan Baru dan telah di koordinasikan dengan pihak Kecamatan akan di lakukan penyemprotan disinfektan besok di lokasi gudang rongsokan sdr Tama tsb ” demikian ujar Serda Dodi Wijaya Babinsa Desa Kebintik.

“Kita berharap masyarakat tetap mengikuti protokol kesehatan adaptasi kebiasaan baru yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Jangan kendor dan tetap waspada sampai pemerintah menyatakan pandemi ini telah selesai,” pesan Danramil 413-09/Pangkalan Baru Kapten Inf Idhamudin. (*/Nora)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close