Pesan Pj Gubernur Safrizal di Wisuda Universitas Muhammadiyah: Jadilah Job Creator Bukan Job Seeker

PANGKALPINANG – Spotber, Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Dr Safrizal ZA menggelorakan semangat serta memotivasi para wisudawan/wisudawati Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung untuk menjadi job creator bukan job seeker, dengan membangun bisnis atau organisasi yang bisa mempekerjakan banyak orang.

Hal tersebut ia sampaikan ketika menghadiri Wisuda Sarjana Angkatan XII Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung di Gedung Auditorium Sofyan Tsauri Universitas Muhammadiyah Pangkalpinang, pada Sabtu (23/12/2023).

“Dengan kemampuan akademik yang kita miliki, tentunya kita semua sepakat bahwa pendidikan bagi generasi muda tidak hanya berputar pada konteks kognitif belaka, namun pendidikan juga sebagai sarana untuk menemukan potensi yang dimiliki oleh seseorang lalu kemudian mengembangkannya,” ujar lulusan terbaik IPDN angkatan pertama tersebut di hadapan 138 wisudawan/wisudawati Universitas Muhammadiyah.

Ia menambahkan, dengan jumlah penduduk di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yakni 1.472.427 jiwa di mana sekitar 66% dari jumlah penduduk merupakan anak muda, hal tersebut akan menjadi tantangan tersendiri untuk dapat menciptakan generasi muda yang kompeten dan berdaya saing dengan mengedepankan potensi yang dimiliki.

“Dengan dimilikinya lima nilai dasar Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung yaitu Keislaman, Ke-Indonesiaan, Kekinian, Kedisinian, dan Kemasadepanan, besar harapan agar Universitas ini dapat mencetak generasi muda yang menjadi motor penggerak yang dapat memberi inovasi di tengah-tengah masyarakat sehingga menjadi agent of change yang memberikan dampak signifikan terhadap kemaslahatan bukan hanya untuk dirinya sendiri,” ucap Safrizal ZA yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Wali Amanah Universitas Syiah Kuala Banda Aceh ini.

Dirinya juga menuturkan, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi terbaik di Bangka Belitung senantiasa harus selalu mengembangkan mutu dan kapasitas organisasi dimana hal ini dapat dicapai dengan menjadikan inovasi sebagai salah satu agenda utama baik dalam pembelajaran formal maupun informal sehingga dapat melahirkan lulusan yang mampu menjadi problem solver.

“Hal ini terlihat dari Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) Kep. Babel yang mengalami kenaikan secara bertingkat dari rentang waktu tahun 2018 hingga 2022 dengan perolehan sebesar 72,24 di tahun 2022. hal ini menunjukkan bahwa kualitas masyarakat di Babel mengalami peningkatan di mana hal tersebut tercapai melalui pendidikan,” jelasnya.

Melihat hal tersebut, dirinya yakin Universitas Muhammadiyah Babel mampu secara konsisten mencetak generasi muda yang kompeten dan sesuai visi misinya menjadi perguruan tinggi yang berkemajuan dan berdaya saing tingkat internasional.

“Izinkan saya berpesan kepada seluruh civitas akademika yang hadir pada kesempatan hari ini bahwa the success of an education is not seen by degrees and diplomas, but rather to improve the quality of life of the community. keberhasilan suatu pendidikan tidak dilihat dengan gelar dan ijazah tetapi lebih kepada meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” tambahnya lagi.

“Terima kasih kepada seluruh panitia dan civitas akademika yang telah mempersiapkan rangkaian kegiatan Wisuda Sarjana Angkatan XII tahun akademik 2023/2024 ini, teriring harapan semoga Universitas Muhammadiyah menjadi lembaga pendidikan tinggi yang selalu menjadi tip of the spear dalam mencetak generasi muda penerus bangsa untuk menyongsong Indonesia emas 2045,” imbuhnya.

Pada acara ini, Pj Gubernur Safrizal juga melakukan penandatanganan Prasasti Peresmian Gedung Auditorium Sofyan Tsauri dan Gedung Kuliah Kamaruddin AK.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Ir Fadillah Sabri, S.T.,M.Eng.,IPM mengungkapkan, wisuda ini merupakan penutup serangkaian kegiatan Unmuh Babel yang berskala nasional maupun internasional yang sukses digelar baik itu Summers Cours diikuti 7 negara, dan sebagai tuan rumah kegiatan KKN MAS tahun 2023.

“Unmuh Babel sebagai PTMA yang usianya masih relatif muda (12 tahun) terus berusaha dan membenah diri untuk menjadi Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang mampu berdaya saing baik nasional maupun internasional,” ujarnya,Spotberita.com Sumber Diskominfo Prov Kep Babel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *