Pj Gubernur Safrizal Hadiri Rilis Berita Resmi Statistik

PANGKALPINANG – Spotber, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kep. Babel kembali merilis berita resmi statistik ke-4 yang rutin dilakukan secara bulanan di awal Bulan April 2024 mengenai data tingkat inflasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel). Bertempat di Ruang Aula BPS, Penjabat (Pj) Gubernur Kep. Babel Syafrizal ZA nampak menghadiri kegiatan ini didampingi Kepala BPS Prov. Kep. Babel Toto Haryanto Silitonga, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Rommy Sariu Tamawiwy,Senin (1/4/2024).

“Statistik kita menunjukkan angka yang cukup menggembirakan. Tentu ini baru Bulan April, kita akan menghadapi bulan-bulan lainnya sampai akhir tahun baru nanti, kita akan lihat angka satu tahun penuh di bulan Januari 2025 kemudian,” ujar Pj. Gubernur Safrizal saat memberikan sambutan.

Menurut data resmi yang dirilis dari BPS Provinsi Kep. Babel, Toto Haryanto memaparkan inflasi pada Maret 2024 terjadi inflasi _m to m_ sebesar 0,52 % dari kelompok makanan, minuman, dan tembakau dengan andil 0,41%, dan komoditas penyumbang utama inflasi kelompok ini antara lain telur ayam ras, daging ayam ras, beras, cabai rawit, bawang putih dan bawang merah. Sementara itu, untuk inflasi _y on y_ sebesar 3,05% dari kelompok makanan, minuman, dan tembakau disumbang dari komoditas daging ayam ras, cabai merah, Sigaret Kretek Mesin (SKM) dan telur ayam ras.

“Inflasi Babel saat ini terendah ke dua di indonesia baik secara _month to month_ atau _year to year_. Ini merupakan hal yang fantastis,” jelas Toto Haryanto.

Merespon hal ini, Pj. Gubernur Safrizal merasa senang dan bersyukur atas pencapaian hal tersebut. Menurutnya, angka 1,80% sudah bisa dikatakan rendah, namun bisa saja lebih rendah lagi. Angka seperti itu cukup kita _maintain_ dan mudah-mudahan bisa dipersiapkan dengan baik.

“Kita patut bersyukur dan dengan bentuk _warning_ dari BPS, kita juga patut waspada dan bersiap-siap karena dari data statistik yang dikemukakan, kita menganalisis serta mengambil tindakan dan kebijakan yang kiranya akan membantu menjaga angka positif yang dihasilkan dari BPS,” ungkapnya.

Ditambahkanya, kita juga harus mengantisipasi dari _certain circumstances_ atau keadaan-keadaan tertentu yang membuat kita harus melakukan juga _certain actions_ atau tindakan tertentu sehingga _uncertainty_ bisa di kurangi. Selain harus bisa menjaga data ini, _month to month_ nya bisa stabil. Tentu dalam hal ini tidak bisa dilakukan sendirian, butuh kerja sama dari semua pihak.

“Saya mengucapkan terima kasih secara bulanan maupun tahunan atas semua kerjasamanya. Nilai _month to month_ kita 0,04%, ini tentu kenaikan yang tipis tapi tetap ada pergerakan. Secara _year to year_ nilainya 1,80% dan kita kembali ke perbandingan antar daerah,” ucapnya.

Selain itu diinformasikan, untuk Maret 2024 Kabupaten Beltim mengalami inflasi bulan ke bulan 0.32%, Kabupaten Bangka Barat 0,22%, Kota Pangkalpinang 0,04%, sementara Kabupaten Tanjung Pandan mengalami deflasi -0,54%. Untuk keseluruhan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengalami inflasi bulan ke bulan sebesar 0,04 %.

Pertemuan ini turut dihadiri Kepala Kantor Perwakilan Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kep. Babel dan Pejabat Struktural Pemprov. Kep. Babel,Spotberita.com – Sumber Diskominfo Provinsi Kep Babel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *