Nasional

Rapat Dengar Pendapat Komisi II DPR RI Pastikan Pembentukan Kabupaten Kepulauan Bangka Utara

Foto : Wakil gubernur Bangka Belitung, Abdul Fatah (kiri bawah, kemeja putih) bersalaman dengan wakil ketua Komisi II DPR RI di sela-sela usai rapat dengar pendapat. (dok. Forkoda Bangka Utara)

BANGKA,SpotBerita — Rapat dengar pendapat umum (RDPU) digelar oleh Komisi II DPR RI bersama Forum Komunikasi Daerah (Forkoda) PP DOB Kabupaten Kepulauan Bangka Utara, Senin (18/3/2019) terkesan memberikan harapan besar bagi masyarat Belinyu & Riau Silip yang berjuang menginginkan terbentuknya pemekaran Kabupaten Kepulauan Bangka Utara.

Pasalnya, rapat yang dibuka sekaligus dipimpin langsung wakil ketua Komisi II DPR RI, Herman Hairun, Senin (18/3/2019) di ruang rapat Komisi II DPR RI, saat itu pihak Komisi II DPR RI memastikan akan menindaklanjuti terbentuknya pemekaran Kabupaten Kepulauan Bangka Utara.

Bahkan Herman Hairun pun berjanji jika pihaknya (Komisi II DPR RI) akan menyampaikan hasil RDPU tersebut ke pimpinan DPR RI selain pihaknya mengagendakan pertemuan selanjutnya.
“Nanti dalam rencana Pembentukan Bangka Utara akan kita undang khusus. Setelah Pemilu akan kita bahas terkait daerah otonomi baru. Kami juga nanti akan mengundang Kemendagri, sehingga apa yang disampaikan juga ditangkap oleh pemerintah,” ujar ketua Komisi II DPR RI, Zainudin, anggota DPR RI Komisi II Ahmad Riza Patria bersama anggotanya Herman Khaeron, Nihayatul Wafiroh, dan Mardani.


Foto : Suasana saat kegiatan rapat dengar pendapat umum di ruang Komisi II DPR RI. (dok. Forkoda Bangka Utara)

Sementara, wakil gubernur kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fattah selaku pihak yang mewakili pemerintah provinsi kepulauan Bangka Belitung saat rapat itu mengatakan
bahwa apa yang dipersyaratkan untuk menjadikan Kabupaten Bangka Utara baik secara administrasi atau lainnya, sudah tertata, dan telah disiapkan, sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang Pemerintahan Daerah.

Bahkan menurutnya, pemerintah provinsi kepulauan Bangka Belitung pun berharap agar kabupaten Kepulauan Bangka Utara dapat diperjuangkan melalui hak inisiatif sehingga segera terbentuk kabupaten
Kepulauan Bangka Utara.

“Kami percaya kepada wakil rakyat yang ada di Komisi II DPR RI untuk dapat menindaklanjuti keinginan masyarakat Bangka bagian Utara menjadikan Bangka bagian Utara sebagai Kabupaten Bangka,” harapnya.


Foto : Ketua Forkoda Bangka Utara, Heru Kailani (kiri) didampingi wakil gubernur Bangka Belitung, Abdul Fatah hadir pula dalam acara rapat dengar pendapat bersama Komisi II DPR RI. (dok. Forkoda Bangka Utara)

Dalam kesempatan itu, Fatah menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Komisi II DPR RI yang telah menerima audiensi masyarakat Babel ini, khususnya Bangka bagian Utara.
“Dengan ramainya kehadiran masyarakat Bangka Utara dalam audiensi dengan Komisi II DPR RI ini, menunjukkan sebuah kekuatan politik, dan tekat yang bulat masyarakat Bangka Utara untuk mendapatkan pelayanan melalui pembentukan Kabupaten Bangka Utara,” yakininya.

Dalam rapat RDPU kali ini selain dihadiri wakil gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fattah juga dihadiri pula anggota DPRD Bangka Belitung, Aksan Visyawan, DR Ibrahim Dekan Fisipol Universitas Bangka Belitung (UBB), Prof DR Bustami Rahman mantan rektor Universitas Bangka Belitung (UBB), tokoh masyarakat Babel Johan Murod, Agus Adaw, Achmad Ichwanda, lurah Remodong Belinyu, dan ratusan massa Forkoda PP DOB Kabupaten Kepulauan Bangka Utara. (Baim)
Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close