Bangka Selatan

RS Kriopanting Siap Beroprasi 24 Jam

* Sementara Melayani Pasien Umum

Foto : Saat acara peresmian RS Kriopanting. (Baim)
BANGKASELATAN,SpotBerita – Kehadiran rumah sakit di setiap daerah merupakan cerminan suatu pemerintah daerah yang maju. Rumah sakit memilki tugas untuk melaksanakan upaya kesehatan yang berdaya guna dan berhasil guna dengan mengutamakan upaya penyembuhan dan pemulihan dilaksanakan secara serasi dan terpadu dengan upaya peningkatan dan pencegahan serta melaksanakan upaya rujukan.
Dalam melaksanakan tugas tersebut rumah sakit memiliki fungsi berupa perawatan, pendidikan dan penelitian. Secara rinci, tugas-tugas rumah sakit adalah melaksanakan pelayanan-pelayanan sebagaimana diatur menurut keputusan Menteri Kesehatan RI No. 983/Menkes/per/II 1992.

Kali ini hadirnya RS Pratama Kriopanting di kecamatan Payung  Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kep Bangka Belitung yang sudah sekian lama dinanti-nanti oleh masyarakat kabupaten Bangka Selatan khususnya yang berada di 3 (tiga) kecamatan (kecamatan Payung, Kecamatan Simpang Rimba Kecamatan Pulau Besar) yang memiliki 21 desa siap beroprasi 24 jam terhitung tanggal (14/5/19) dan seterusnya.

Hadirnya RS sudah selayaknya ada di tengah-tengah masyarakat guna bisa lebih mengoptimalkan pelayanan kesehatan yang mudah dan cepat. Masyarakat tentulah patut berbangga dan berterimakasi kepada pemerintah kabupaten Bangka Selatan khususnya Dinas Kesehatan Kabupaten Basel yang telah mampu melahirkan rumah sakit umum tipe D.

Lahirnya RS Pratama Kriopanting yang berada di kecamatan Payung memberikan warna tersendiri dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat, baik yang berada di tiga kecamatan terdekat maupun masyarakat dari luar tiga kecamatan.

Kepala Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Kabupaten Bangka Selatan, H Supriyadi SKM MKM mengatakan jika RS Pratama Kriopanting sudah bisa beroperasional 24 jam mulai hari ini. Mohon untuk disebarluaskan informasi ini.

“Namun sejauh ini hanya menerima pasien umum kerena belum bekerja sama dengan pihak BPJS. Bila ada masyarakat yang membutuhkn pelayanan UGD maka dapat diarahkan ke Payung,” ungkap Supriyadi, Rabu (15/5/2019).

Untuk layanan spesialistik dan poliklinik Bedah, Anak, Obgyn : setiap hari Selasa dan Sabtu khusus untuk penyakit dalam melayani pada hari senin, kamis, dan sabtu. Sekali lagi kepada masyarakat yang sudah menjadi Peserta BPJS secepatnya kami akan menyiapkan persyaratan agar bisa bekerjasama dengan pihak BPJS dan terhitung sejak dibukanya RS Pratama  pembiayaan masih umum,” ucapnya

Sementara itu, direktur RS Pratama Krepanting Dr Helen yang sebelumnya sempat menjabat sebagai kepala puskesmas Payung, saat dikonfirmasi terpisah oleh awak media ini mengatakan saat ini di RS Kriopanting juga sudah bergabung 4 (empat) spesialis dasar yaitu spesialis anak, spesialis kebidanan dan kandungan, spesialis bedah dan spesialis penyakit dalam.

“Dengan harapan kebutuhan spesialistik dasar dapat terpenuhi sesuai dengan tipe D rumah sakit, kedepannya kami juga akan segera mengupayakan pelayanan operasi di rumah sakit sehingga pelayanan kesehatan masyarakat lebih maksimal, dan bisa menjadi rumah sakit rujukan sesuai harapan masyarakat dan  instruksi bapak Bupati, terima kasih,” harapnya. (Baim)
Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close