Safriati Safrizal: Kelompok Wanita Tani Babel Bisa Jaga Ketahanan Pangan Keluarga

PANGKALPINANGSpotber, Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Safriati Safrizal mengapresiasi dan mendukung keaktifan kelompok wanita tani (KWT), agar berperan serta dalam pembangunan di Babel, khususnya menjaga ketahanan pangan keluarga. Hal itu disampaikannya usai  mengunjungi beberapa Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kota Pangkalpinang, Sabtu (23/12).

“Pada hari ini, ada dua lokus yang kami kunjungi, yakni KWT Cendawan 31 Kecamatan Rangkui dan KWT Belinjo Kecamatan Gerunggang. Kedatangan kami untuk mensinergikan program antara PKK dan KWT, utamanya yang berhubungan dengan ketahanan pangan keluarga,” ungkap Pj Ketua TP PKK Babel Safriati Safrizal.

Menurut dia, KWT memiliki keahlian dalam memanfaatkan pekarangan rumah untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga. Hal itu tentunya bisa disandingkan dengan 10 Program Pokok PKK, khususnya program pangan.

Di samping itu, dikatakannya PKK memiliki Dasawisma dengan jejaring sampai tingkat keluarga, maka akan lebih maksimal jika bisa dikolaborasikan dengan program KWT,⅔ hingga saat ini terfokus bagi para anggota KWT itu sendiri.

“Dengan bersinergi dan pelaksanaannya saling berdampingan, akan memiliki manfaat bagi masyarakat secara luas. Dari hanya puluhan keluarga, akan bisa ratusan keluarga yang bisa menanam mandiri sayuran di pekarangan rumah masing-masing,” imbuhnya.

Dengan demikian, dirinya mengajak para anggota KWT dan kader PKK agar dapat mensinergikan program ini, sehingga lahan kosong maupun pekarangan dapat termanfaatkan dengan baik dan menjadi produktif.

Di sela-sela kunjungan, Pj Ketua TP PKK Babel Safriati Safrizal juga menyempatkan untuk memanen tanaman sawi yang dikembangkan dengan sistem hidroponik. Diharapkan, kegiatan kunjungan dan partisipasi aktif ini akan memberikan dampak positif dalam peningkatan kesejahteraan keluarga serta menjadi contoh kolaborasi yang baik dalam implementasi program-program PKK.

Turut mendampingi kunjungan istri Pj Gubernur Babel Safrizal, dibantaranya Pj Ketua TP PKK Kota Pangkalpinang Zumalia Mie Go, pengurus TP PKK tingkat Provinsi Babel dan Kota Pangkalpinang, serta para Penyuluh Pertanian Pemkot Pangkalpinang,Spotberita.com Sumber Diskominfo Prov Kep Babel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *