Sport

Tahun 2020 Ini Indonesia Tuan Rumah Sambo Asian Championship

Foto : PP Persambi menyempatkan diri pose bersama ketua umum KONI, Marciano Norman. (Istimewa)

JAKARTA,SpotBerita – Ketua umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) pusat, Marciano Norman mengatakan tahun 2020 ini negara Indonesia bakal menjadi tuan rumah untuk even kejuaraan taraf internasional cabang olahraga (cabor) beliau diri Sambo Championship.

Marciano sendiri menyatakan dirinya sangat mendukung atas Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Asian Sambo Championsip.

Oleh karenanya ia sangat berharap sekali jika even bergengsi Sambo Asian Championship tahun 2020 ini dapat berjalan sukses dan lancar.

Even Asian Sambo Championship 2020 rencana akan berlangsung di Bali pada tanggal 18-21 Juni 2020 mendatang, sedangkan saat audiensi pihak PP Persambi pusat dengan ketua KONI pusat juga membahas persoalan kesiapan Eksibisi PON bakal digelar Nopember 2020 serta Kejurnas 2020 bakal digelar pada tahun yang sama.

“Kesuksesan even Sambo Asian Championship tahun ini wajib kita dukng bersama,”pesannya, Rabu (11/3/2020) siang usai menggelar audiensi dengan para pengurus Sambo Indonesia atau PP Persambi di Gelora Bung Karno guna membahas kesiapan menjadi tuan rumah even Sambo Asian Championship tahun ini.

Ditegaskan Marciano, sudah menjadi tugas dan kewajiban KONI pusat untuk senantiasa mendorong pembinaan olahraga prestasi melalui cabang-cabang olahraga (cabor) dalam kondisi apapun.

“Oleh karenanya KONI pusat mengapresiasi perjuangan setiap cabor yang berupaya meningkatkan prestasi atletnya termasuk Sambo di bawah naungan Persambi,” ungkapnya.

Meski secara organisasi, Persambi itu baru seumur jagung menjadi anggota KONI pusat, namun diakuinya jika para atlet Sambo Indonesia justru telah mengukir prestasi membanggakan di even SEA Games 2019 lalu, Filipina.

Dalam even Sambo Asian Championship kali ini direncanakan bakal digelar di tiga tempat yakni Mimika, Jayapura dan Jawa Timur.

Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) itu mengakui bahwa dalam kondisi ekonomi kurang menggembirakan sehingga berdampak pada pendanaan untuk pembinaan olahraga.

Untuk itu ia menilai sungguh tidak mudah untuk mencapai prestasi seperti dicapai cabor sambo di SEA Game 2019 tersebut.

Terkait kegiatan Sambo Asian Championship 2020 ini, ketua umum PP Persambi pusat, Bayu Krisna didampingi sekjen PP Persambi, Elvira Sukma.

Sementara itu Ketua Umum PP.Persambi Krisna Bayu menyampaikan ucapan terima kasih tak terhingga kepada KONI Pusat khususnya Ketua Umum Marciano Norman yang tak henti-hentinya mendorong Persambi membangun dan meningkatkan prestasi atlet sambo di tingkat internasional.

Keberhasilan meraih empat medali emas di ajang SEA Games 2019 lalu, menurut Krisna Bayu tak lepas dari dukungan KONI Pusat. Oleh karenanya Persambi selalu mengharapkan dorongan semangat dari KONI Pusat agar sambo tak merasa lelah mengangkat prestasi atletnya di forum yang lebih tinggi.

Pada tahun 2020 ini saja, lanjut pria yang tiga kali berlaga di ajang Olimpiade itu, ada beberapa agenda penting dihadapi Persambi terutama menjadi tuan rumah Kejuaraan Asia di Bali.

Kejuaraan Asia di Bali, seperti dikatakan Krisna Bayu menjadi ajang untuk mengukur kemampuan para atlet Sambo Indonesia dalam peta persaingan di kawasan Asia.

”Persambi pun akan menyusun program sebagai persiapan menghadapi Kejuaraan Asia itu. Ini jelas butuh dana tak sedikit, makanya kami sangat mengharapkan dukungan Kemenpora terkait pendanaan,” katanya.

Lebih jauh Krisna Bayu mengatakan bahwa keberhasilan merebut  4 medali emas, 1 perak dan 2 perunggu di SEA Games 2019 tak harus membuat Persambi terbuai. Hasil spektakuler di SEA Games 2019 itu justru menjadi modal besar bagi Persambi menyongsong even lebih tinggi termasuk Kejuaraan Asia di Bali.

Sebagai tuan rumah Kejuaraan Asia 2020 itu, Persambi seperti dijelaskan Krisna Bayu tak hanya sukses sebagai penyelenggara juga dalam pencapaian prestasi atlet. Praktis, PP Persambi harus mempersiapkan program pembinaan untuk bisa mencapai prestasi maksimal pada kejuaraan Asia tersebut.

“Kejuranas Sambo pada bulan April 2020 rencananya nanti akan dibuka langsung oleh bapak ketua umum KONI pusat. Semoga kerja sana ini berjalan dengan baik,” harap mantan atlet nasional pejudo Indonesia.(Ian)
Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close