Pangkalpinang

Tarmizi : Pers Adalah Corong Keterbukaan Informasi Publik!

Foto : Anggota Komisioner KIP Babel, Tarmizi (ujung kiri).  (Red)

PANGKALPINANG,SpotBerita –  Peran pers sangat penting dalam memberikan informasi kepada publik atau masyarakat. Bahkan pers pun dianggap sangat mendukung kinerja pihak lembaga Komisi Informasi Provinsi Bangka Belitung (KIP Babel).

“Pers merupakan corong keterbukaan informasi publik!.,” ujar seorang Komisioner Bidang Advokasi, Edukasi & Sosialisasi KIP Babel, Tarmizi di sela-sela kunjunganya ke kantor redaksi SpotBerita.com, Rabu (22/5/2019) siang.

Selain itu menurutnya lagi, peran pers pun dapat meningkat kepercayaan publik terhadap kinerja pihak pemerintah di daerah maupiun pihak swasta.

“Oleh karenanya jangan pernah coba-coba membungkam informasi. Sebab informasi yang menyangkut hajat publik itu merupakan hak masyarakat,” tegasnya.

Di sisi lain, kinerja pihak KIP Babel pun dapat terbantu pula, hal itu tak luput adanya dukungan atau peran dari masyarakat termasuk lenbaga swadaya masyarakat (LSM) yang ada di Babel.

Saat ini diakuinya tiap-tiap kabupaten/kota di Babel telah terbentuk pejabat penyampai informasi & dokumentasi (PPID).
Ia sendiri tak menampik sampai saat ini kinerja PPID khususnya tingkat desa di Babel menurutnya belumlah sesuai yang diharapkan, terlebih pihaknya sendiri tak bisa memaksakan penerapan keterbukaan informasi publik yang dilaksanakan di sejumlah desa tertentu.

“Kita tidak bisa memaksa secara full. Sebab kita terlebih dahulu bagaimana karakteristik atau kultur budaya pada masyarakat di desa setempat. Selain itu desa-desa saat ini justru telah ada peraturan tersendiri berdasarkan Kepmendes,” terang almuni sarja pertanian ini.

Meski begitu, kembali ditegaskanya jika keberadaan lembaga KIP di Babel sesungguhnya bukanlah bermaksud ingin menghantui pemerintah daerah.

Sebaliknya, adanya keberadaan KIP Babel justru membantu pemerintah daerah dalam mendukung program pembangunan di daerah.
(Biar M Yamin)
Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close