Bangka Selatan

Terharu Saat Acara Khataman Alquran Wabup Basel Umrohkan Pengurus Pengajian

Foto : Para peserta Khataman Alquran diarak keliling kampung Desa Tanjung Sangkar. (Habib)
 
 
 
BANGKASELATAN,SpotBerita – Syamsul Bahri (56) warga Desa Tanjung Sangkar merasa seperti mimpi di siang hari. Pasalnya, ia sendiri tak menyangka jika dirinya akan mendapatkan perhatian begitu serius dari seorang pejabat tinggi daerah yakni berupa hadiah umroh dibiayai langsung wakil bupati Bangka Selatan (Basel), Reza Herdavit.

“Alhamdulillah! Ini semua berkat ridho Allah SWT. Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak wakil bupati Basel atas perhatiannya,” ucap Syamsul kepada awak media di sela-sela acara Khataman Alquran tingkat lanjut usia (lansia) belum lama ini di Desa Tanjung Sangkar, pulau Lepar Kecamatan Lepar Pongok, Basel.

Sebelumnya wabup Basel, Reza Herdavit dalam sambutanya di hadapan warga desa Tanjung Sangkar atau saat berada di dalam mesjid Miftahul Janah mengatakan jika dirinya merasa senang adanya kegiatan acara Khataman Alquran tingkat lansia di desa setempat.

Foto : Wabup Basel, Reza Herdavit (kemeja batik corak hijau) saat menghadiri acara khataman Alquran Lansia di mesjid Miftahul Jannah, Desa Tanjung Sangkar, Lepar Pongok. (Habib)

Bahkan dirinya mengaku sangat bangga terhapa sosok H Syamsul Bahri lantaran  begitu ikhlas memberikan ilmu membaca Alquran kepada warga lansia.

“Saya merasa bangga dengan pak Syamsul Bahri. Ini dapat dijadikan contoh. Jikalau warga di desa ini setuju saya akan umrohkan pak Syamsul Bahri dalam waktu dekat ini,” ungkap wabup saat itu.

Foto : Wabup Basel, Reza Herdavit. (Habib)

Tak hanya itu saja, bahkan wabup Basel pun langsung menyatakan dirinya saat itu siap yakni niat membantu atau menyumbangkan sedikitnya 50 kitab suci Alquran guna diberikan kepada pengurus yayasan pengajian mesjid Miftahul Janah desa Tanjung Sangkar.

Begitu pula Kades Tanjung Sangkar, Iswandi Sastra pun dalam sambutannya mengatakan jika dalam kegiatan Khataman Alquran kali ini ia telah menganggarkan sedikitnya Rp 15 juta.

Dana tersebut menurutnya bersumber dari dana desa guna untuk kepentingan masyarakat di desanya. Bahkan rencananya ke depan khusus untuk acara Khataman Alquran ia akan meningkatkan anggaran senilai Rp 50 juta.

Sekedar diketahui, acara Khataman Alquran untuk para lansia saat itu diikuti 16 orang pria  lansia antara 40 tahun ke atas, sudah menjadi tradisi warga setempat jika ada warga yang menamatkan bacaan Alquran maka setiap para khataman mesti menyediakan telur ayam sedikitnya 200 butir.

Sebelum puncak acara di mesjid desa setempat, para peserta Khataman Alquran lansia itu diarak keliling desa setempat oleh warga dan diiringi musik tradisional. Acara serupa pun kerap dilakukan di desa setempat.

Acara Khataman Alquran saat itu selain dihadiri wabup Basel juga dihadiri anggota DPRD Basel, Bahroni Rudin, Kapolsek Lepong Ipda Suman Sirait SH, Kades Tanjung Sangkar Iswandi Sastra termasuk tokoh masyarakat dan tokoh agama serta sejumlah warga desa setempat. (M Habib)
Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close