Bangka

Tiga Orang Terkonfirmasi Positip Virus Covid-19

ketua tim Gugus Penanganan dan Pengendalian Wabah Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra. (istimewa)

BANGKA,SpotBerita – Berdasarkan hasil swab test yang dilakukan oleh Balitbangkes Kemenkes RI, tim Gugus Penanganan Kabupaten Bangka tercatat sedikitnya saat ini ada 3 (tiga) orang yang terkonfirmasi positif virus covid-19.

Demikian hal itu disampaikan oleh ketua tim Gugus Penanganan dan Pengendalian Wabah Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra dalam siaran persnya, Selasa (5/5/2020).

Diterangkanya, 3 cluster tersebut yakni kelompok pasien yang pernah memiliki rekam jejak perjalanan ke luar daerah (Gowa, Sulawesi Selatan), dan cluster Jakarta serta cluster lokal.

Hasil penelusuran yang dilakukan melalui epidemologi dan rekam jejak terkonfirmasi sedikitnya ada 3 orang dinyatakan positip virus covid-19 yakni orang tanpa gejala (OTG).

Terkait kondisi tersebut ditegaskan Boy jika pihak Pemkab Bangka saat ini telah melakukan swab terhadap 84 orang dengan rincian sebanyak menunggu hasil 34 orang, 38 orang hasil swab dinyatakan negatif, dan 3 orang dinyatakan positip virus covid-19.

“Jadi dengan adanya peningkatan kasus ini tim Gugus Kabupaten Bangka bekerja sama dengan BPBD Provinsi Babel memberikan gelang pantau guna memantau warga yang dianggap OTG yang telah kita swab," terang Boy.

Kembali ditegaskanya, tujuan pemberian gelang pantau ini tak lain sesungguhnya guna mengetahui perihal keberadaan yang bersangkutan tidak boleh keluar dari titik yang telah ditentukan oleh aplikasi maupun tim pemantau.

“Kalau seandainya ada seorang OTG yang keluar dari titik pantau maka akan timbul titik merah dan tim akan menelpon yang bersangkutan dan langsung menanyakan posisi dimana?,” terangnya lagi seraya ia menambahkan jika saat ini pihaknya sempat melakukan sosialisasi terhadap para OTG di ruang sekretariat Bangka Setara dihadiri para camat dan para tim medis.

Oleh karenanya ia sendiri berharap dengan pemberian gelang pantau tersebut dapat mengurangi tingkat penularan wabah virus covid-19 khususnya di wilayah Kabupaten Bangka. (Ian)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close