Tolak Penambangan Laut, Ratusan Massa Besok Dikabarkan Demo PT Timah

Foto : Gedung kantor PT Timah Tbk terletak di jalan raya Sudirman, Kota Pangkalpinang. (net)

BANGKASELATAN,SpotBerita – Aktifitas penambangan pasir timah di perairan Toboali dan sekitarnya di wilayah Kabupaten Bangka Selatan (Basel) kini kian menjadi.

Kondisi tersebut membuat sebagian masyarakat nelayan di daerah setempat mengeluh lantaran merasa terganggu adanya aktifitas penambangan pasir timah di wilayah perairan setempat.

Tak.cuma itu, lantaran merasa kesal sejumlah massa mengatasnamakan masyarakat nelayan Basel dikabarkan, Senin (5/10/2020) besok dikabarkan akan menggelar aksi demo di kantor PT Timah Tbk, di Kota Pangkalpinang.

Foto : Joni Zuhri. (Tris)

Hal tersebut disampaikan langsung oleh seorang perwakilan masyarakat nelayan Toboali Basel, Joni Zuhri (50) kepada tim reporter media spotberita.com, Minggu (4/10/2020).

“Kami masyarakat nelayan menolak aktifitas penambangan di laut atau perairan Toboali,” kata korlap aksi demo ini.

Foto : Surat rencana aksi demo. (Ist)

Oleh karenanya sebagai bentuk sikap moral menolak aktifitas penambangan di laut tersebut ditegaskanya, Senin (5/10/2020) besok sedikitnya 300 massa nelayan berencana akan menggelar aksi demo di kantor PT Timah Tbk, Pangkalpinang.

“Aktifitas penambangan di laut akan merusak ekosistem dan biota laut dan dari aktifitas tersebut pihak nelayan dirugikan,” ungkapnya.

Tak cuma itu Joni menganggap dampak dari maraknya aktifitas penambangan di perairan Toboali dan sekitarnya justru berdampak terhadap hasil tangkapan para nelayan setempat jadi berkurang dikarenakan menurutnya kondisi laut tercemar.

“Aksi ini murni dari masyarakat nelayan dan tidak serta Merta kepentingan politik untuk memperkeruh suasana Pilkada di Bangka Selatan,” tegas Joni.

Ketika nanti masyarakat nelayan Toboali telah menyampaikan aspirasinya Senin (5/10/2020) besok di kantor PT Timah Tbk namun tidak direspon sesuai harapan maka pihaknya akan berencana menggelar aksi besar-besaran dengan jumlah massa cukup banyak.

Terkait rencana aksi itu, tak saja dilakukan pihaknya di kantor PT Timah Tbk namun pada hari itu juga ratusan massa nelayan pun akan menggelar aksi serupa di kantor Mapolda Kep Babel

Sementara itu, Humas PT Timah Tbk, Anggi Siahaan saat dikonfirmasi terkait ratusan masyarakat nelayan Toboali Basel, Senin (5/10/2020) besok bakal menggelar aksi demo di kantor PT Timah Tbk justru dirinya mengaku telah mendapatkan informasi tersebut.

Begitu dengan Kabid Humas Polda Kep Babel, Kombes Pol Maladi pun mengiyakan jika, Senin (5/10/2020) besok bakal ada aksi demo masyarakat nelayan Toboali. (Tris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *