Belitung

Pantau Stok Daging Sapi, Serma Hasoka Blusukan Ke Rumah Jagal Hewan

Foto : Serma Hasoka saat blusukan ke rumah jagal hewan (sapi).
(dok Kodim 0414/Belitung)
BELITUNG,SpotBerita – Dalam rangka menjaga lonjakan harga daging sapi di wilayah Kodim 0414/Belitung menjelang hari raya Idul Fitri tahun 2019 nanti Babinsa kelurahan Pangkal Lalang, Kamis (16/5/2019) blusukan ke rumah jagal pemantauan pemotongan sapi selama bulan suci Ramadan yang berada di jalan Dahlan (Baro), Lingkungan Pak Mangga Kelurahan Pangkal lalang, Kecamatan Tanjungpandan Kabupaten Belitung.
Sampai saat ini atau hari ke-11 (sebelas) bulan suci  Ramadhan terjadi peningkatan sekitar 100 kg/hari permintaan daging sapi segar di wilayah Belitung di hari-hari biasa.
Pada hari-hari biasa masyarakat Belitung mengkonsumsi daging sapi hanya 350kg/hari tetapi selama bulan ramadhan tahun ini  bisa mencapai 450Kg/hari dan diperkirakan dimulai pada H-10 sampai dengan H-5 menjelang lebaran bisa mencapai 800kg/hari kebutuhan daging di pasar Tanjungpandan dan sekitarnya.
Adapun  sampai saat ini harga daging sapi ada peningkatan dari hari hari biasa daging murni harga lama Rp. 130.000/Kg, harga sekarang Rp. 135.000/Kg, daging gemuk/isi perut harga Lama Rp. 20.000/kg  sekarang harganya Rp. 25.000/kg  dan daging semperan harga lama Rp. 75.000/Kg sedangkan  sekarang Rp. 80.000/Kg.
Diperediksi harga daging murni sapi mulai H-5 lebaran bisa mencapai Rp 150.000/Kg, keterangan pedagang daging harian yang mempunyai kios di pasar Tanjungpandan dari pihak mereka tidak boleh manaikkan harga daging di luar ketentuan Pemda Kab Belitung para pedagang daging masih menunggu hasil rapat dari Pemda penetapan harga tertinggi Daging dimulai H-10 lebaran.
Kondisi tersebut dihawatirkan adalah pedagang daging musiman/tahunan yang sering memamfaatkan kesempatan moment lebaran ini.
Sementara itu, para pedagang  daging yang melaksanakan pemotongan sapi di rumah jagalan jalan dahlan (Baro) Lingkungan Pak Mangga Kelurahan Pangkal Lalang antara lain H Syam, Mulyadi, H Syahroni, H Abdulrahman, H Abdul Muid, Wendi  Sakijan dan Hendra Purnomo.
Babinsa Pangkal Lalang Serma Hasoka seijin Mayor Inf Trijoyo menjelaskan jika pihaknya telah berkoordinasi dengan para pedagang sapi terkait antisipasi lonjakan harga daging sapi jelang lebaran Idul Fitri nanti.
“Kami sudah berkoordinasi dengan para pedagang daging sapi agar tidak terlalu menaikkan harga daging sapi pada bulan Ramadhan sampai lebaran tahun 2019 usai,” ungkap Babinsa Pangkal Lalang, Serma Hasoka dalam rilis yang disampaikan pihak Kodim 0414/Belitung, Kamis (16/5/2019).
Hal tersebut sesungguhnya bertujuan agar supaya masyarakat tidak merasa terbebani dengan tingginya harga daging, dan harapan Serma Hasokka agar Pemda Kab Belitung,  instansi terkait atau para pengusaha dengan tingginya peminat Komsumsi daging sapi pada hari lebaran agar dapat membantu kesulitan masyarakat Belitung dengan menyediakan seperti daging Beku yang harganya dibawah harga pasar” ungkap sang Babinsa. (*/M Habib)
Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close